Smartphone ke Smart TV

Cara Menghubungkan Smartphone ke Smart TV Dengan Mudah - Seperti yang kita ketahui sebelumnya perangkat Smartphone dan Televisi (TV) merupakan dua perangkat yang memiliki sisi teknologi yang berbeda. Namun berkat kecanggihan perkembangan teknologi pada saat ini, membuat kedua perangkat ini dapat dipadukan untuk menunjang aktivitas kehidupan sehari-hari kita. By the Way Apakah kita sudah mengetahui belum tentang bagaimana cara menghubungkan smartphone Android ke perangkat televisi? Untuk yang belum mengetahui mari kita simak berikut dibawah ini ulasannya.

Fungsi dan kegunaan dari televisi pada sekarang ini sudah bisa dialihkan sebagai monitor untuk perangkat smartphone. Dan juga adanya monitor ini dapat digunakan untuk melakukan presentasi, belajar, untuk pekerjaan ataupun untuk hiburan seperti menonton film (movie) dan bermain game.

Lalu kemudian bagaimana cara menghubungkan Smartphone Android ke perangkat televisi? Berikut penulis akan memberikan beberapa cara dan tips tentang bagaimana menghubungkan Smartphone ke perangkat televisi yang dikutip dari berbagai referensi.

Menggunakan perangkat “Chromecast”

Cara Menghubungkan Smartphone ke Smart TV Dengan Mudah

Chromecast merupakan perangkat yang dapat menghubungkan smartphone Android ke perangkat televisi. Perangkat tersebut dibuat besutan dari vendor raksasa Google.

Dongle HDMI ini dapat digunakan untuk memutar konten berbentuk audio dan visual, seperti menonton film (movie) ataupun streaming musik yang dapat ditampilkan di layar TV masing-masing. Selain itu para pengguna juga dapat mengontrol melalui aplikasi Google Home.

Berikut ini cara mengkoneksikan Chromecast ke perangkat Televisi:

-       - Langkah pertama kita harus mempunyai terlebih dahulu perangkat Chromecast-nya

-       - Kemudian menghubungkan Chromecast ke Televisi melalui port HDMI.

-       - Kemudian aktifkan koneksi WiFi (mode on ) untuk proses sinkronisasi

-       - Memastikan ulang smartphone dan TV (Chromecast) sudah terhubung dengan Wi-Fi yang       sama

-       - Membuka aplikasi Google Home pada Smartphone masing-masing.

-       - Untuk selanjutnya memilih akun Google kita pada bagian bawah

-     - Memastikan ulang akun Google yang akan dipilih itu sudah terverifikasi untuk tersambung dengan perangkat Chromecast.

-      - Memilih opsi ‘Local Devices’ untuk menemukan perangkat Televisi yang ingin kita hubungkan dengan media smartphone.

-   - Pada bagian bawah tepatnya, pilih ‘Device Settings’ untuk melihat list daftar TV yang sudah    terhubung dengan akun Google.

-       - Apabila sudah dipilih sesuai keinginan, smartphone para pengguna sudah dapat terhubung      dengan perangkat televisi secara mode automatic.

Melakukan Screen Mirroring dengan menggunakan Aplikasi Google Home

Cara Menghubungkan Smartphone ke Smart TV Dengan Mudah

-       - Mengaktifkan koneksi Wi-Fi untuk dapat melakukan proses sinkronisasi

-       - Memastikan ulang smartphone yang terhubung dengan perangkat Televisi terhubung dengan perangkat WiFi yang sama.

-       - Untuk selanjutnya membuka Aplikasi Google Home.

-       - Kemudian pilih akun Google kita masing-masing pada bagian kanan bawah

-      - Memilih ‘Mirror Device’ dan tunggu beberapa saat maka nama perangkat TV akan muncul       pada smartphone kita.

-       - Dan langkah terakhir, mengklik pada opsi ‘Cast Screen or Audio’ untuk dapat langsung terhubung ke dalam televisi secara otomatis.

Cara Menghubungkan Smartphone Android ke Televisi dengan Perangkat Conventer  USB Type-C ke HDMI

Cara Menghubungkan Smartphone ke Smart TV Dengan Mudah

Hal ini merupakan cara yang paling praktis dan efisien yaitu dengan menggunakan tools converter. Namun dalam sisi kekurangannya, corverter ini tidak dapat menggunakan kabel sehingga jarak antara smartphone dan televisi lebih terbatas dalam radius jarak tertentu.

Dalam menggunakan converter sendiri sebenarnya sangat mudah sekali.Hanya cukup dengan menghubungkan ke dalam port USB Type-C pada smartphone dengan HDMI pada layar televisi kita.

Cara Menghubungkan Smartphone Android ke dalam Televisi (TV) Melalui Aplikasi DLNA

Cara Menghubungkan Smartphone ke Smart TV Dengan Mudah

Apabila TV ataupun Televisi yang akan kita gunakan sudah dalam divisi teknologi SmartTV, maka para pengguna dapat memanfaatkan fungsionalitas aplikasi DLNA supaya smartphone dapat terhubung dengan televisi secara normal.

DLNA bukan sebuah nama perangkat, akan tetapi sebuah protokol untuk media  streaming. Sudah ada beberapa aplikasi DLNA yang tersedia di platform Google Play Store seperti Localcast, Plex, VLC dan lain sebagainya.

Cara Menghubungkan Smartphone Android ke Televisi (TV) dengan perangkat Micro USB to HDMI Adapter

Cara Menghubungkan Smartphone ke Smart TV Dengan Mudah

Untuk cara menghubungkan smartphone Android ke perangkat TV terakhir ini mirip seperti jalur panel converter USB-C ke HDMI. Perbedaannya, dalam port yang digunakan pada smartphone Micro USB. Biasanya adaptor seperti mode ini dapat juga mengisi arus daya ke smartphone.

Dengan begitu, para pengguna tidak perlu khawatir dan gelisah apabila kehabisan baterai smartphone yang sedang digunakan.

Sekian begitulah cara menghubungkan Smartphone Android ke Televisi (TV) yang dapat kita coba di rumah masing-masing. Apabila kita mempunyai cara lain menghubungkan smartphone ke TV, jangan lupa para pembaca membagikan melalui kolom komentar di bawah ini, semoga bermanfaat untuk para pembaca dimanapun kalian berada.


1 comment:

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts