Apa itu Trading Bitcoin?

Trading bitcoin merupakan kegiatan perdagangan cryptocurrency di pangsa pasar mata uang kripto. Dalam istilah trading bitcoin sendiri mengacu kepada aktivitas jual beli bitcoin yang berada di pasar kripto dan pasar berjangka.Sehingga, para pedagang dan investor pada lingkup perdagangan crypto ini disebut dengan istilah trader cryptocurrency.

Apa Perbedaan Seorang Trader dan Investor?

Di dalam dunia cryptocurrency, seringkali kita mendengar istilah investasi dan trading. Yang sejatinya,pada kedua aktivitas tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu mengembangkan kepemilikan aset dengan cara yang berbeda dan unik untuk memperoleh keuntungan.

Aktivitas investasi dan trading memiliki dua jalur metode yang sangat berbeda dalam mengambil keuntungan pada perdagangan mata uang crypto. Dan pada kenyataannya baik itu pihak investor dan trader mencari keuntungan melalui partisipasi pasar.

Investasi merupakan kegiatan membeli (buy) suatu crypto pada saat dimana harga mengalami titik terendah, dengan menahannya (hold) dalam jangka waktu yang cukup panjang, serta menjualnya (sell) setelah kondisi harga crypto tersebut mengalami lonjakan harga yang tinggi dalam rentang waktu tersebut. Dan biasanya berbulan-bulan sampai bertahun-tahun. Perbedaan yang paling utama investasi dan trading yaitu terletak pada jangka waktu serta jumlah kegiatan jual beli nya. Pihak yang melakukan investasi disebut dengan istilah investor.

Sementara itu, tindakan trading merupakan aktivitas membeli (buy) dan menjual (sell) suatu aset secara aktif dan continue dalam jangka waktu yang relatif pendek. Bisnis trading bitcoin (perdagangan cryptocurrency) ternyata meraup keuntungan dengan memanfaatkan sebuah aset yang mengalami volatilitas harga (kecenderungan perubahan harga pada aset tersebut). Dengan memanfaatkan sekumpulan aset yang memiliki volatilitas, seorang trader dapat mengambil keuntungan (profit) harga bitcoin dari selisih antara harga beli dan harga jual. Untuk orang yang berperan secara aktif melakukan aktivitas trading disebut trader.

Lantas kemudian, bagaimana cara belajar trading bitcoin untuk kalangan pemula?

Cara Trading Bitcoin Untuk kalangan Pemula

Learning by doing merupakan salah satu metode belajar trading Bitcoin untuk kalangan pemula yang sudah terbukti efektif dalam meningkatkan pengalaman investor dalam berperan memainkan Bitcoin. Selain dari pengalaman dalam terjun langsung saat berinvestasi Bitcoin, kita juga dapat mencari tahu serta belajar banyak tentang apa itu kajian bitcoin melalui tutorial-tutorial berikut ini!

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang bagaimana cara belajar untuk trading Bitcoin bagi kalangan pemula, terdapat satu hal yang tidak kalah pentingnya yang perlu investor pemula ketahui secara detail tentang garis besar Bitcoin. Bitcoin merupakan salah satu kategori instrumen investasi yang pada saat ini yang memiliki kinerja terbaik pada tahun 2020.

Sehingga, tidak mengherankan apabila banyak sekali bermunculan investor pemula yang berasal dari generasi millenial yang berbondong-bondong untuk membeli Bitcoin sebagai sebuah investasi pada masa kini melalui berbagai program exchange yang terdaftar di Bappebti, salah satunya yakni via aplikasi Pintu.

Pintu yaitu sebuah platform digital (aplikasi) jual beli cryptocurrency . Pintu sendiri menganut konsep “Instant Trading” dan “Easy Investment”, dimana para pengguna dapat melakukan transaksi trading bitcoin dengan cara yang mudah, aman, dan praktis. Hal ini bertujuan agar menjadikan kegiatan perdagangan crypto akan terasa menjadi lebih mudah, sehingga platform pintu dapat menjadi sebuah gerbang portal untuk siapa saja yang bekeinginan memulai aktivitas trading dan perdagangan aset cryptocurrency, khususnya untuk kalangan pemula.

Pintu menawarkan berbagai aneka pilihan untuk melakukan spot trading dengan fitur jual-beli instan dengan status harga final. Sebelum kita membeli bitcoin, pastikan kita telah mengikuti  step by step langkah demi langkah pada penjelasan di bawah ini.

Langsung saja log-in ke akun masing-masing pada aplikasi Pintu. Apabila kita belum memiliki akun Pintu,wajib untuk sign-up (daftar) akun baru pada aplikasi Pintu.

Deposit sejumlah dana ke Pintu. Deposit yaitu sejumlah uang yang harus disetorkan ke Pintu untuk melakukan transaksi perdagangan (jual/beli) crypto. Pada platform Pintu, kita dapat melakukan transaksi deposit menggunakan crypto yang dikirim langsung dari bursa lokal ataupun menggunakan metode transfer via Bank, GOPAY, OVO, LinkAja, dan DANA.

Untuk Selanjutnya,kita akan memulai proses Trading Bitcoin!

Dalam perdagangan cryptocurrency, terdapat tiga komponen utama yang harus kita perhatikan dengan seksama, diantaranya yaitu: membeli (buy), menjual (sell) untuk mengambil nilai keuntungan (take profit),serta penarikan dana (withdrawal). Sebaiknya untuk mengkuti langkah-langkah di bawah ini:

Membeli Bitcoin (Buying)

1.) Ayo kita memulai perdagangan (trading) Bitcoin! Selanjutnya memebuka aplikasi Pintu, kemudian pilih aset crypto. Kita dapat memilih aset crypto pada wallet card ataupun pada daftar aset crypto di menu homepage. Untuk ilustrasi ini, mari kita memilih Bitcoin.


2.) Sebelum membeli, jangan lupa untuk mengecek daftar harga yang paling penting ! Kita dapat mengecek harga Bitcoin terkini di menu homepage Pintu. Kita  juga dapat melihat grafik daftar harga Bitcoin dengan tap salah satu aset crypto di bagian homepage.


3.) Setelah itu, sekarang kita dapat melihat estimasi nominal harga pembelian dan harga penjualan Bitcoin. Untuk melakukan pembelian (buy), kita tap tombol beli.



4.) Selanjutnya menginput jumlah Bitcoin yang ingin kita beli. Tap tombol berikutnya. Kita dapat memasukkan jumlah Bitcoin yang akan dibeli dalam mata uang rupiah, atau kita juga dapat membelinya dalam bentuk Bitcoin dengan tap tanda panah dua.

Dengan catatan: pada aplikasi Pintu kita dapat membeli bitcoin dimulai dari nominal Rp55,000.

5.) Konfirmasi jumlah pembelian bitcoin. Harga akhir, tanpa adanya biaya tambahan. Tap beli sekarang ini ! DUAR ! Kita sudah berhasil dalam membeli bitcoin!


Menjual Bitcoin (Selling)

1.) Sebaliknya, apabila kita berkeinginan untuk menjual Bitcoin, tap tombol jual pada wallet card atau diicon Bitcoin pada menu homepage.


2.) Masukkan jumlah nominal Bitcoin yang akan kita  jual. Kita dapat memasukkan jumlah nominal Bitcoin yang ingin dijual dalam satuan Rupiah, atau kita juga dapat menjualnya dalam bentuk Bitcoin dengan cara mengtap tanda panah dua. Tap pada tombol berikutnya.


3.) Konfirmasi transaksi penjualan.


4.) Selesai ! Kita sudah berhasil dalam melakukan perdagangan trading bitcoin! Saldo Rupiah akan bertambah pada Wallet Rupiah kita di platform Pintu


0 komentar:

Post a Comment

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts