DuckDuckGo search engine menjadi salah satu mesin pencari yang paling banyak memiliki peminat selain Google. Sama seperti layaknya mesin pencari yang versi lainnya, DuckDuckGo juga dapat membantu kita untuk menemukan beragam data dan informasi sekaligus layanan yang kita butuhkan di dunia internet. Apabila kita masih asing dan belum terbiasa dengan search engine ini, berikut ini penulis akan mengulas beberapa informasi berkaitan dengan mesin pencari DuckDuckGo untuk para pembaca.

Apa itu DuckDuckGo search engine ?

DuckDuckGo search engine sendiri menggambarkan dirinya sebagai mesin pencari yang tidak akan melacak riwayat aktivitas online dari si penggunanya. Mereka tidak akan mengumpulkan data dan informasi pribadi, cookies, bahkan alamat IP kita juga akan otomatis disembunyikan.

DuckDuckGo juga akan menawarkan versi terenkripsi yang secara otomatis mengubah tautan dari sejumlah situs dan website ke versi terenkripsi dari situs web tersebut. Dengan demikian, pencarian yang kita lakukan akan jauh lebih terlindungi dari ancaman security dari pihak eksternal yang mungkin tidak bertanggung jawab dan cenderung merugikan dari sisi pengguna.

DuckDuckGo bekerja dengan cara yang sama persis seperti mesin pencari lainnya, termasuk Google.Hal ini menggabungkan data dan informasi dari ratusan sumber termasuk dari beberapa sumber seperti Wolfram Alpha, Wikipedia dan Bing, dengan perayap webnya sendiri, untuk dipastikan akan memunculkan hasil yang paling relevan. Google juga melakukan hal yang sama persis, meskipun dalam skala yang lebih cukup besar. Perbedaan utama yang menjadi ciri khas yaitu : DuckDuckGo tidak menyimpan alamat IP ataupun informasi dari si pengguna.

Mesin pencari ini didirikan oleh seorang pemuda bernama Gabriel Weinberg pada tanggal 29 Februari 2008 di kota Valley Forge dan sudah semakin berkembang . Sampai dengan pada Desember 2019 tahun kemarin, DuckDuckGo sendiri menerima rata-rata 49.855.908 kueri pencarian setiap harinya.

Apa Saja Kelebihan dari DuckDuckGo Search Engine?

1.    1. Menjaga kerahasiaan data privasi

Sis kelebihan yang menjadikan search engine ini semakin cukup populer adalah karena kebijakan privasi yang telah mereka buat. Seperti yang sudah dideskripsikan sebelumnya, fitur unggulan pada search engine ini tidak akan mengumpulkan berbagai data dan informasi pribadi dari si penggunanya. Pencarian yang dilakukan pada tahap disini akan sepenuhnya secara anonim. Dan selain itu,kita juga tidak akan menemukan riwayat pencarian aktivitas kegiatan surfing sehingga semua aktivitas pencarian terlihat belum pernah dilakukan sebelumnya.

2.    2. Adanya Fitur Bang

Bang merupakan fitur shortcuts yang dapat dengan secara cepat akan membawa pengguna kepada hasil pencarian ke situs web lain. Fitur ini terletak tepat pada sebelah tombol search. Di bagian tersebut kita dapat melihat panah berukuran kecil yang dapat kita gunakan untuk memilih beberapa daftar situs-situs web populer. Sebagai contoh permisalan, ketika kita bekeinginan melakukan tindakan pencarian di situs Amazon, maka dengan mudahnya kita tinggal memilih !a dan memasukkan kata kunci (keyword) yang ingin untuk dicari. Untuk melihat situs website terpopuler dan perintah (!) yang disediakan, kita dapat mengunjungi halaman fitur bang pada link resmi duckduckgo.com

3.Tidak Memiliki Banyak Iklan

Ketika kita akan melakukan pencarian di mesin pencari Google, kita dapat melihat banyak iklan yang biasanya akan bermunculan pada halaman pertama. Berbeda sekali dengan DuckDuckGo yang menjaga seminimal mungkin hasil pencarian dari adanya iklan. Iklan yang ditampilkan pada dasarnya hanya berdasarkan kata kunci yang akan dicari dan bukan dari pelacakan profil milik pribadi ataupun hasil riwayat pencarian.


0 komentar:

Post a Comment

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts