Warna menjadi salah satu komponen elemen dasar pada desain grafis dan cerita visual. Sehingga,suatu dalam pemilihan warna menjadi faktor yang sangat penting baik itu dari sisi setting dan property maupun color grade. Untuk sebuah kasus pasca produksi film,seorang editor akan menggunakan dan memainkan gradasi komponen warna untuk membangun suasana (ambience) dalam pembuatan karya film. Mereka berlomba-lomba untuk membuat karya cinematografi yang bersifat artistik dan memukau. Pada sebuah hasil karya sebuah film, komposisi warna sangat berpengaruh untuk menentukan mood penonton pada nyatanya. Teknik ini yang dinamakan dengan color grading. Untuk para filmmaker, pada tahap ini kita akan membagikan cara mudah membuat color grading Premiere yang mudah untuk dipraktekkan.Setelah itu mari kita lanjut untuk menyimak pada pembahasan pada artikel dibawah ini.

Tanpa banyak basa-basi lagi pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskan hal utama yang tidak kalah pentingnya yaitu Bagaimana Tutorial Membuat Color Grading pada Adobe Premiere Pro.

Apa Itu Color Grading?

Color grading merupakan serangkaian proses pengkoreksian warna yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pada sisi visual gambar ataupun video yang kita miliki.Untuk step by step dalam membuat efek color grading yaitu dengan memanipulasi komposisi warna untuk membangun unsur setting dan suasana sesuai dengan konsep cerita yang akan diusung.Tindakan manipulasi ini dilakukan dengan cara mengatur komponen warna dasar seperti misalnya shot matchingshape mask, removing objects, dan lain-lain. Biasanya teknik color grading disertai dengan color correction, seperti mengedit nilai kontras, hue, saturationblack levelwhite point, dan lain-lain. Dapat digunakan untuk foto, video, maupun still images.

Untuk tingkat kerumitan dalam meracik komposisi warnanya pun berbeda-beda pada hakekatnya dikarenakan ada preset-nya masing-masing. Tetapi akan menjadi lebih rumit lagi apabila hasil footage yang digunakan kurang mendukung untuk diubah dalam kualitas warnanya. Hal yang seringkali menjadi permasalahan utama adalah soal pencahayaan. Bisa saja terlalu dalam segi overexposure atau malah underexposureWalaupun demikian, seorang video editor harus selalu kreatif untuk mencari cara yang solutif pada saat mengolah gambar. Untuk solusi akhirnya adalah dengan memaksimalkan teknik dalam membuat efek color grading dan color correction.  

Manfaat dalam Membuat Color Grading

Sebelum kita memulai tahapan untuk mengedit konten video, ada baiknya kita mencari tahu secara detail terlebih dahulu apa saja manfaat dari efek color grading. Berikut dibawah ini adalah beberapa manfaat dari color grading:

  1. Membangun suasana (ambience) sesuai dengan tema/topik, alur, dan konsep cerita
  2. Memberikan sebuah efek cinematic looks
  3. Membuat video kita akan terlihat lebih professional dan berkualitas
  4. Melakukan shot matching supaya tidak merusak perspektif imajinasi para penonton

Sehingga, setelah penjelasan singkat dari serangkaian pemaparan tersebut, untuk selanjutnya kita langsung saja kita untuk mengecek tutorialnya.

Cara Trik Color Grading menggunakan RGB Curves :

  • Membuka Adobe Premiere Pro 
  • Import video yang akan diberi efek Color Grading , dan setelah itu drag video tersebut ke timeline
  • Membuka Effects dan kita cari RGB Curves
  • Drag RGB Curves ke dalam video yang akan diberi Color Grading
  • Akan muncul garis warna master, red, green dan blue, kita ubah garis dari lurus hingga sesuai dengan warna yang kita inginkan misalnya seperti pada gambar diatas
  • Yang terakhir untuk melihat hasilnya 

 

Cara Trik Color Grading menggunakan Lumetri Color :

  • Membuka Adobe Premiere Pro
  • Import video (footage) yang akan diberi Color Grading, dan drag video tersebut ke dalam timeline 
  • Kita buka Effects dan cari fitur Lumetri Color
  • Drag Lumetri Color ke dalam video yang akan di Color Grading
  • Kita buka Effect Control dan ubah pengaturan (Basic Correction, Tone, Temparature, dll dan kita sesuaikan dengan video dan selera masing-masing.
  • Yang terakhir untuk melihat hasilnya 

Dibawah ini merupakan perbedaan pada video sebelum dan sesudah di Color Grading :



 


0 komentar:

Post a Comment

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts