Password merupakan salah satu komponen  dalam sebuah sistem yang amat sangat penting selain keberadaan username yang biasa digunakan sebagai bentuk verifikasi paling utama ketika kita mengakses akun media sosial, database, jaringan wi-fi, dan berbagai media-media lainnya yang mengandung unsur data-data sensitif di internet.

Dengan demikian,langkah membuat sebuah password yang aman menjadi salah satu faktor yang sangat penting. Kemudian, bagaimana dalam membuat sebuah password yang aman (secure) ? Kebanyakan kombinasi password yang digunakan oleh para pengguna internet terbilang cukup sederhana karena umumnya hanya menggunakan sebuah angka ataupun huruf. Apabila menggunakan terlalu banyak kombinasi, mereka khawatir takut dan lalai. Sehingga, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips dan trik untuk membuat password dengan kombinasi kompleks namun mudah untuk diiingat. Simak selengkapnya penjelasan dibawah ini !

Tips dan Trik Membuat Password Aman yang Mudah Untuk Diingat

1.    Mengkombinasi Huruf dan Angka yang Familiar

Salah satu cara terbaik dalam pembuatan password yang aman yaitu dengan menggunakan kombinasi antara huruf dan angka. Supaya lebih mudah untuk kita ingat, alangkah baiknya untuk memastikan kombinasi huruf dan angka yang kita gunakan tersebut merupakan sebuah huruf dan angka yang familiar dengan pribadi masing-masing.

Contoh misalkan, kita dapat menggunakan nama almamater yang dipadukan dengan alamat tempat tinggal kita serta angka-angka tertentu yang familiar seperti angka favorit , nomor rumah, serta umur.

2.    Menggantikan Huruf dan Angka Dengan Simbol yang Sama Mirip

Untuk menambah tingkat kerumitan pada password yang kita gunakan untuk suatu akun atau lainnya, kita juga sebaiknya menggantikan huruf-huruf tertentu dengan simbol-simbol khusus yang jarang untuk digunakan namun memiliki kemiripan dengan huruf yang kita ganti.

Sebagai contoh misalnya, kita dapat mengganti huruf 'a' dengan simbol '@', '0' dengan 'a', 's' dengan '$' dan sebagainya.

3.    Menggunakan Nama Film, Selebritis, Game, dan Lagu Favorit Dengan Upper dan Lower Case

Supaya semakin susah ditebak oleh pihak lain, kita juga dapat menggunakan sebuah nama film, penyanyi, aktris ataupun aktor favorit dan lagu favorit kita sebagai sebuah password. Kebanyakan orang tidak akan memprediksi apabila nama-nama tersebut akan menjadi password pilihan yang akan kita pilih. Dikarenakan nama sebuah film dan semacamnya cenderung dipandang sebelah mata oleh orang lain sehingga kebanyakan mereka tidak akan memprediksinya.

Sebagai contoh saja, kita dapat menggunakan singkatan LoTR untuk sebuah film Lord of the Rings yang akan digabungkan dengan nama penyanyi favorit seperti misalnya Sia, kemudian menambahkan juga dengan singkatan lain seperti nama game favorit kita misalnya RE untuk game Resident Evil serta memastikan kita juga menggunakan lower serta upper case.

4.    Menggunakan Pola pada Keyboard

Ini merupakan salah satu teknik dalam pemembuatan password yang paling saya sukai dikarenakan dalam membuat password menggunakan sebuah pola pada keyboard tidak akan mudah terpikirkan oleh kebanyakan pihak lain. Mereka memprediksi apabila menggunakan pola pada keyboard akan membuat data password mudah untuk ditebak. Padahal, apabila kita menggunakan sebuah pola keyboard yang tepat, password kita dapat menjadi sangat kuat dan kokoh serta tentunya akan mudah untuk diingat dikarenakan kita hanya perlu sedikit mengingat sambil melihat susunan letak keyboard.

Contoh permisalan, kita dapat mencoba dengan pola QWERTY yang akan digabungkan dengan pola seperti QAZ dan WSX. Supaya lebih rumit lagi, kita dapat menambahkan pola simbol pada keyboard seperti ',./' yang posisinya berdekatan ataupun berupa angka.

5.    Menggunakan Nama Depan dan Belakang Orang yang Disukai Disertai Angka Ataupun Simbol


Hal umumnya, seseorang akan mengenal identitas dari orang lain dengan mengingat nama depannya saja,nama panggilan ataupun nama sanak keluarganya , sementara untuk nama belakang. Kebanyakan seseorang tidak akan begitu memperhatikan dengan adanya nama belakang seseorang. Memang demikian tergolong hal yang sepele, namun kita dapat memanfaatkan hal yang sepele tersebut untuk membuat password yang tergolong kategori cukup kuat.

Misalnya saja, kita memiliki seorang teman Leo Fitz serta kita menyukai seseorang yang bernama Emma Watson. Sehingga, kita dapat mengambil nama belakang teman kita yaitu Fitz, mengambil nama belakang seseorang yang kita sukai, dan menambahkan atribut nama satu orang teman, lagi misalnya Philip.Untuk memastikan kita mengganti huruf tipe vokal dengan simbol atau bisa juga berupa angka.

Nah begitulah diatas 5 tips dan trik membuat password yang kuat , tentunya akan mudah diingat dan sulit ditembus para anonymous. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Apabila kita memiliki tips dan trik lainnya atau pengalaman tertentu dalam membuat kombinasi password, para pembaca untuk jangan sungkan untuk meninggalkan di kolom komentar dan memastikan kita share ke teman-teman sekitar kita.

 


0 komentar:

Post a Comment

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts