Android 11

Privasi (4 Fitur Baru)

4 Fitur Baru Pada Android 11 beserta ReviewAndroid 11 memperkenalkan 4 fitur baru unggulan yang berfokus pada fitur privasi para penggunanya. Yang pertama adalah memperluas komponen modul pembaruan di platform Google Play Store yang mencakup dua kali lipat jumlah pada modul yang dapat diperbarui, termasuk komponen 12 modul baru. Dengan ini,pihak Google akan dapat mendorong lebih banyak tambahan fitur terkait segi keamanan dan privasi kepada Kita melalui platform Google Play Store. Memperbaharui dan menginstall dengan cara yang sama seperti Kita memperbarui aplikasi pada smartphone masing-masing.

Hal demikian jauh lebih baik daripada membundling pembaruan keamanan pada patch dalam periode bulanan. Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, sebagian besar OEM tidak benar-benar akan merilis pembaruan tersebut setiap bulan secara berkala sebagaimana mestinya. Dan hanya akan menggabungkan semua patct sekaligus setiap periode waktu 2-3 bulan dalam skenario yang terbaik.

Memisahkan pembaruan pada sisi keamanan (security) dari patch OS dan merilisnya sebagai pembaruan pada Google Play Store yang berarti para pengguna dapat mendapatkannya lebih cepat dari perkiraan. Bahkan untuk pemilik Pixel,hal  ini merupakan hal yang baik karena kita tidak perlu menunggu kedatangan update patch penting pada awal bulan kedepannya. Apabila hal itu merupakan sesuatu yang dapat mendorong pihak Google melalui Play Store hari ini.

Android 11

Pembaruan Patch pada Android 11

Berbicara tentang update pembaruan, pihak Google juga membuat pembaruan secara mulus dan wajib untuk perangkat yang peluncurannya hampir bersamaan dengan Android 11. Perkenalan dibawah (4 fitur baru) ini pada sistem operasi Android 7.0 namun tidak terdapat pada beberapa vendor merk lain seperti halnya dengan Samsung.

Dengan pembaruan yang baik dan merata, perangkat kita akan mengunduh pembaruan pada bagian latar belakang dan menginstallnya pada partisi storage yang terpisah. Pada kesempatan lain kali kita akan me-restart perangkat masing-masing, dan itu boot ke bagian partisi yang lain. Yang membuat pengalaman dalam memperbarui sebuah perangkat terasa smooth untuk para pengguna karena tidak ada kasus downtime khusus untuk menginstall pembaruan pada sistem.

Perubahan pada hal lain yang berfokus pada sisi privasi berlaku secara eksklusif untuk pengguna di sebuah perusahaan. Dengan perubahan demikian, kita sekarang ini dapat memiliki profil kerja pada perangkat milik perusahaan kita berada. Yang akan memungkinkan para tenaga ahli IT untuk mengelola perangkat kita namun tidak memiliki akses ke bagian data profil pribadi ataupun aktivitas kita pada smartphone.

Pekerjaan yang terpisah dan profil informasi pribadi telah berada pada sistem operasi Android sejak versi 5.0 (Lolipop). Namun ternyata, sebelum kehadirdan versi Android 11, fitur demikian hanya tersedia pada perangkat para karyawan di lingkup lingkungan perusahaan saja. Dengan kehadiran sistem operasi Android 11, Google sekarang berencana membuat fitur demikian tersedia bahkan tidak terbatas pada perangkat milik perusahaan. Sehingga para karyawan mendapatkan pekerjaan yang terpisah dan profil pribadi yang sama saat seperti yang mereka lakukan apabila mereka memiliki perangkat itu sendiri.

Android 11

Fitur Baru yang Eksklusif pada Pixel

Untuk pemilik perangkat Smartphone Pixel, munculnya Android 11 memiliki beberapa fitur tambahan yang unik. Dan salah satunya adalah saran (suggest)  aplikasi. Fitur saran aplikasi akan muncul secara otomatis pada bagian laci aplikasi dan layar awal kita masing-masing. Untuk yang pertama cukup standar, dan sesuatu hal yang telah kita lihat pada versi sebelumnya; smartphone belajar dari penggunaan kita dan menunjukkan serangkaian deretan aplikasi pada bagian atas di laci aplikasi yang menurutnya paling sering kita gunakan.

Hal ini cenderung terasa aneh untuk aplikasi kita yang tidak membuka semua yang sering bisa berakhir. Sementara untuk aplikasi kita yang telah mengabaikan penggunaan secara terus-menerus. Kita dapat menonaktifkan fitur ini apabila kita berkeinginan. Untuk faktor yang lain akan sedikit lebih menarik.

Pihak Google pada saat ini menggunakan baris bawah pada layar awal untuk menampilkan saran (suggest). Pada kenyataanya sebagian besar dari kita umumnya menyimpan data dan informasi aplikasi di sana sehingga kita tidak akan melihat data yang sesungguhnya. Tetapi apabila kita menghapus salah satu dari aplikasi dari sana atau apabila kita menyimpan baris bawah kita sebagian atau malah sepenuhnya kosong.

Lantas kemudian pihak Google akan menempatkan solusi alternatif untuk aplikasi yang disarankan di sana. Kasus demikian terjadi cukup banyak langsung; hanya menghapus aplikasi apabila kita memiliki baris bawah secara penuh dan langsung aplikasi yang disarankan akan muncul di tempat yang tersedia.

Perbedaan Icon Aplikasi dari Versi Yang Sebelumnya

Ikon pada aplikasi ini memiliki bentuk cincin berwarna yang berbeda pada sekitarnya untuk mengidentifikasi sebagai sebuah ikon yang akan disarankan. Dan ikon itu sendiri tidak benar-benar nyata adanya sehingga kita dapat memperlakukannya sebagai sebuah ruang kosong disaat memindahkan ikon sekitar atau akan menambahkan ikon kita sendiri pada ruang tersebut.

Seperti yang kita lihat sebelumnya, langkah saran yang tidak terlalu cerdas. Ketika saya menghapus aplikasi Telegram,dan itu menggantikannya dengan Instagram, meskipun media sosial Instagram yang sudah disematkan pada folder homescreen. Untuk saran tampaknya tidak akan mempertimbangkan apa lagi yang terjadi pada bagian homescreen.

Dilansir dari portal teknologi Gsmarena, pihak Google juga telah merombak layar pada bagian ikhtisar multitasking. Apabila kita menggunakan UI Navigasi berbasis gerakan dan gesture tangan, lantas kita menggesek ke bagian atas dan menahan seperti biasa untuk dapat mengakses layar ikhtisar. Kita akan melihat bahwa smartphone tidak lagi menampilkan ikon aplikasi yang akan disarankan pada bagian bawah seperti dulu, juga tidak akan dapat kita gesek lagi untuk memasukkan kedalam laci aplikasi.

 

Dan sebaliknya, kita akan melihat tampilan UI bergaya kartu akrab yang sama namun dengan dua opsi terbaru pada bagian bawahnya.Salah satunya kita akan mengambil screenshot dari aplikasi yang pada saat ini sedang tersorot. Untuk yang lain membuat kita memasuki mode pemilihan teks yang langsung menyoroti semua bagian teks pada layar aplikasi itu.

Kita lantas kemudian hanya akan dapat menggunakan sebuah tools/alat untuk pengeditan untuk menyalin kumpulan teks serta meletakkannya pada bagian tempat lain. Kita juga dapat membagikan isi teks tersebut atau mencarinya secara online(daring). Hal Ini juga bekerja untuk setiap pola gambar yang terlihat pada setiap halaman.

Ada juga efek animasi baru yang keren dan unik untuk wallpaper ketika kita menggesek ke bawah pada bagian pemberitahuan ataupun menggesek ke bagian atas untuk laci pada aplikasi. Wallpaper akan memperbesar dan memperkecil skala untuk menciptakan rasa kedalaman dan gerakan.

Satu hal yang kita inginkan dari Google untuk mengubah adalah untuk membiarkan para pengguna menyesuaikan komposisi warna bilah pencarian pada bagian bawah layar masing-masing. Kita dapat memilih komposisi warna yang spesifik untuk widget Google Penelusuran. Namun apabila bilah penelusuran pada smartphone Pixel selalu berwarna putih ataupun abu-abu, bergantung pada pengaturan waktu siang/malam.

Opsi (pilihan) penyesuaian pada Launcher sebagian besar tidak akan berubah (4 Fitur baru)

Android 11

Semua hal menjadi sebuah pertimbangan, peluncur (laucher) pada perangkat Pixel yan masih cukup mendasar. Tidak ada dukungan berupa folder pada laci aplikasi, tidak ada kemampuan khusus untuk menyembunyikan icon aplikasi, dan tidak ada dukungan bentuk ikon custom. Yang kita dapatkan adalah tentang komposisi warna dasar, font, dan penyesuaian bentuk ikon dari daftar kecil pada pilihan yang tersedia dan menambahkan satu-satunya pada segmen hal Android 11 adalah terdiri dari beberapa bentuk ikon yang sangat aneh dan jarang untuk ditemui. Untuk hal-hal lain, kita melihat menginstall peluncur (launcher) kustom.

Android 11 (edisi Go)

Selain tentang rilis standar, Google juga akan mengumumkan edisi peluncuran Go Android 11. Perangkat edisi Android Go,pada versi ini akan membawa beberapa fitur baru dari perilisan waktu standar, termasuk adanya Percakapan. Dan juga selain itu memperkenalkan kelebihan dalam segi hal-hal seperti adanya navigasi gerakan, dan Folder Aman pada bagian aplikasi File untuk melindungi adanya file dengan kata sandi (password).

Pihak google juga akan mengklaim versi ini akan meningkatkan performa peluncuran aplikasi hingga kisaran 20% dari pembaruan versi yang sebelumnya. Meskipun kita akan membutuhkan perangkat dengan konsumsi memori 2GB, yang sekarang ini juga mendukung dengan akan pembaruan ini. Lantas kita tidak memiliki perangkat untuk edisi Go dengan kita untuk menguji akan perubahan ini.


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts

Blog Archive