Meskipun zaman sudah semakin maju dan modern,masih ada sebagian kalangan masyarakat yang masih percaya dan meyakini pada hal-hal berbau metafisik. Salah satu bukti yang masih santer terdengar, yaitu masih sering kita dengar adanya tempat-tempat tertentu yang dianggap sakral (keramat) atau angker oleh sebagian kalangan orang.

Entah benar tidaknya angker atau mungkin hanya cerita yang tak sengaja tumbuh dari mulut ke mulut dan berkembang di masyarakat sekitar yogyakarta, namun cukup banyak ternyata tempat-tempat yang dipercaya sakral dan angker di Indonesia. Seperti beberapa spot lokasi yang berada di Yogyakarta ini.

1. Ambarrukmo Plaza

Tempat Angker Di Yogya

Tidak ada orang yang menyangka apabila pusat perbelanjaan ramai dikunjungi yang menjadi salah satu ikon di Yogyakarta ini diyakini angker (horror) oleh sebagian orang. Yang pada mulanya Mall Amplaz dulunya merupakan tempat peristirahatan Sultan Hamengkubuwono VII yang dilengkapi dengan kolam, kebun buah sampai dengan kandang kuda.

Konon katanya, Amplaz sudah angker sejak sebelum dibangun bangunan tersebut. Berbagai kejadian ganjil seringkali terjadi pada mall ini, seperti cerita kisah tukang bangunan yang mengalami kesurupan,tangga eskalator yang tiba-tiba mati dan hidup kembali setelah diberikan sesaji kembang tujuh rupa, hingga rumput semak-semak yang tidak dapat dipangkas.

Kabarnya yang masih terdengar, pada sekarang ini kejadian seram dan menakutkan masih sering terjadi pada mall tersebut. Menurut cerita yang beredar, terdapat hantu yang kerapkali menjelma menjadi pengunjung dan masuk ke dalam toilet lantai 1 saat petugas cleaning service sedang melakukan bersih-bersih ruangan.

2. Benteng Vredeburg

Tempat Angker Di Yogyakarta

Melihat usia bangunan yang sudah sangat tua, tidak mengherankan apabila benteng ini diyakini angker dan seram. Apalagi pada zaman dahulu Benteng Vredeburg sempat menjadi tempat para tahanan Belanda pada era kolonial.

Kabarnya yang beredar, di spot ini banyak makhluk tak kasat mata yang seringkali menampakkan dirinya dan berbuat iseng usil pada para pengunjung hingga tukang becak yang mangkal di depan benteng tersebut. Penampakan yang tak kasat mata  yang kabarnya sering menampakkan diri adalah sosok noni-noni Belanda yang berkaki kuda serta sekompi pasukan Belanda tanpa kepala.

3. Kandang Menjangan/Panggung Krapyak

Tempat Angker Di Yogyakarta

Bangunan sudah berusia kurang lebih 250 tahun ini pada zaman dahulu tujuan didirikannya untuk memperingati kerabat keraton kesultanan yang meninggal dunia karena insiden diseruduk menjangan (kijang). Seiring berjalannya waktu, tempat ini  tidak dihuni dan menjadi semakin gelap serta tertutup. Menurut cerita yang beredar terdapat sosok perempuan mengenakan baju putih berambut panjang yang seringkali muncul pada tempat ini. Menambah atmosfer menjadi semakin angker !

4. Bundaran Teknik di UGM

Tempat Angker Di Yogyakarta

Pada lokasi yang satu ini juga dipercaya masyarakat sekitar merupakan spot angker,Para pembaca.Konon katanya, apabila berada disini ataupun hanya sekadar melewati lokasi ini kita tidak boleh menyanyikan lagu yang berjudul 'Gugur Bunga'. Apalagi jika melewati pada situasi malam hari.

Konon katanya,apabila menyanyikan lagu tersebut, arwah-arwah para pejuang bakal datang menemani kita. Kehadiran sosok mereka akan ditandai dengan sinyal aroma aneh-aneh seperti misalnya aroma kemenyan hingga aroma bunga yang tiba-tiba muncul seketika.

5. Rumah Kentang Kotabaru

Tempat Angker Di Yogyakarta

Bukan hanya di kota Bandung, di Yogyakarta ternyata terdapat Rumah Kentang yang dikenal suram dan angker. Pada saat ini, keberadaan rumah tersebut telah digunakan sebagai kantor bank. Namun pada zaman dahulu, rumah yang berlokasi di seberang sekolah SMA Stellah Duce 1 ini bernuansa sepi sekali. Di rumah itu tak berpenghuni dan diyakini masyarakat sekitar sebagai tempat yang angker nan horror.

Sering tercium aroma kentang yang bersumber dari rumah ini. Konon,katanya  aroma itu pertanda sesosok Genderuwo (Black Giant) yang sedang bernaung di sana. Lonceng kecil yang berada didepan pintu rumah ini kabar yang beredar juga sering berbunyi sendiri tanpa ada angin sekalipun .Bisa ditebak tingkat ambience horror tempat tersebut.

6. Pantai Parangkusumo

Tempat Angker Di Yogyakarta

Membahas tentang lokasi angker, kita kemungkinan besar membayangkan sebuah rumah yang ditinggalkan oleh  para penghuninya. Padahal pada kenyataannya selain rumah yang terbengkalai, pantai merupakan salah satu masuk kategori tempat angker juga.Konon katanya rumor yang beredar di Pantai Parangkusomo ini Nyi Roro Kidul seringkali meminta tumbal. Dan oleh karena itu setiap ada kejadian insiden para pengunjung yang meninggal karena terseret ombak pantai banyak warga mempercayai bahwa orang tersebut merupakan bagian tumbal dari Nyi Roro Kidul.

Apabila kita hendak mengunjungi destinasi ini, warga sekitar di area sana pasti merekomendasikan kita untuk tidak mengenakan pakaian berwarna hijau yang merupakan warna kesukaan dari Nyi Roro Kidul supaya tidak terseret ombak dan dibawa ke kerajaan Pantai Selatan !

7. Goa Jepang

Tempat Angker Di Yogyakarta

Gua Jepang merupakan salah satu spot tempat bersejarah dan juga selain itu termasuk kategori tempat angker yang dapat kita temukan di beberapa region di Indonesia dan tak terkecuali lebih tepatnya Di Yogyakarta. Goa Jepang yang berlokasi di Kaliurang yang berada persis di kaki Gunung Merapi ini ,konon katanya merupakan tempat angker karena merupakan bekas tempat penyiksaan dan penindasan warga pribumi lokal oleh ulah tentara Jepang.

Setelah berpuluh-puluh tahun mengalami terbengkalai, suasana misteri dan mencekam di sekitar Goa Jepang ini makin menjadikan tempat ini sebagai destinasi tempat mistis yang berada di tanah Jawa. Beberapa orang telah mengaku pernah mendengarkan suara-suara tanpa wujud asli dan melihat sosok-sosok mengerikan di goa ini.

Baca selengkapnya : 10 Tempat Wisata Bali Paling Populer Di Indonesia


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts

Blog Archive