Situasi pada layanan ke berbagai pihak pelanggan yang paling umum ditemui adalah pelanggan ataupun para klien yang mencari pertolongan akan sesuatu hal sehingga sangat penting untuk mendapatkan adanya interaksi atau pertolongan yang tepat dengan benar dan tepat. Para pelanggan yang mencari pertolongan bantuan bukan hanya akan merasa bahwa pihak dirinya telah diperlakukan dengan baik dan benar namun akan lebih bagusnya lagi untuk membeli suatu jenis produk atau layanan dari bisnis yang kita miliki pada saat ini.

Menggunakan tips dan trik berikut ini untuk mendapatkan layanan pelanggan yang lebih baik untuk mendidik asisten kita dan mengevaluasi hasil kinerja layanan pelanggan secara keseluruhan dari berbagai sudut :

1. Selalu tersedia dibutuhkan pada waktu yang tepat (On Time)

Pelayanan Kepada Para Pelanggan

Langkah pertama yang membuat para pelanggan merasa akan dihargai keberadaanya adalah dengan mengakui dirinya sesegera mungkin. Sehingga ketika seseorang memasuki ruangan kantor, kita harus segera menyapa dengan ramah dan memperhatikan akan kebutuhannya.

Berhenti melakukan aktivitas apapun sesegera mungkin saat itu juga. Namun, apabila memang masih sedang sibuk mengangkat telepon atau ada hal yang lainya yang kiranya penting, kita dapat meminta para pelanggan menunggu terlebih dahulu dengan sopan.

2. Menyapa para pelanggan dengan cara yang bersahabat dan ramah namun tepat

Melakukan kontak mata dengan calon pelanggan, tersenyum dan mengatakan sesuatu seperti misalnya, “Hallo, bagaimana saya dapat membantu anda di hari ini?”  lalu kemudian berhenti disana. Dan biarkan para pelanggan merespons.

3Muncul dan dating disaat ingin membantu

Jangan mendorong para asisten untuk terus-menerus menanyakan perihal pada pelanggan sehingga mengganggu aktivitas para pelanggan seakan-akan pelanggan dikejar-kejar ataupun serasa dibuntuti. Sebaiknya kita muncul pada saat pelanggan membutuhkan bantuan.

4. Membantu pihak pelanggan dengan secara langsung menghandle permintaan pihak pelanggan untuk memecahkan masalah yang dihadapi pelanggan.

  • Aktif dalam mendengarkan pelanggan. Menunjukkan  bahwa kita secara aktif mendengarkan pelanggan dengan melakukan trik kontak mata, menganggukan kepala, atau bahkan menuliskan sebuah catatan. Mengajukan pertanyaan yang menjelaskan tentang kapan pelanggan selesai untuk menyatakan apa yang pelanggan rasakan, apabila diperlukan untuk mendapatkan rincian data lebih lanjut yang akan memungkinkan kita mengatasi permasalahan para pelanggan. Jangan memutuskan pembicaraan secara sepihak dengan para pelanggan.
  • Mampu menawarkan saran dan argumen yang tepat serta solutif. Para Pelanggan seringkali mempunyai pertanyaan yang secara tidak langsung mengenai infromasi produk ataupun layanan kita namun terkait dengan mereka. Misalnya saja,para pelanggan yang tertarik mencoba pada layanan Domain dan Hosting Terbaik di Indonesia melalui media chating, mungkin disisi lain ingin mengetahui bagaimana cara untuk dapat membelinya di situs penyedia domain dan hosting . Jawaban yang akan kita berikan dan lontarkan (atau tidak mampu memberi akan solusi) dapat menjadi pengaruh besar dalam membeli satu keputusan dan bagaimana tentang perasaan para pelanggan terhadap layanan pelanggan kita.

5. Mempunyai sifat yang ceria, sopan dan hormat sepanjang interaksi customer service

Pelayanan Kepada Para Pelanggan

Pada saat kita melakukan interaksi secara langsung dengan pelanggan alangkah baiknya menunjukkan keceriaan akan raut wajahmu dengan selalu tersenyum dan mendengarkan pesan yang disampaikan dari pihak pelanggan.Berperilaku sopan dalam bertata krama juga merupakan faktor sangat penting, kemudian mengucapkan perkataan yang sesuai dengan keadaan para pelanggan. Seperti santai saat berinteraksi dengan pelanggan usia muda, dan berjibaku pada para pelanggan yang lebih tua.

6. Menutup Interaksi pelayanan pelanggan dengan cepat dan tepat

Kita harus menyelesaikan membantu masalah yang kecil maupun kompleks yang dihadapi para pelanggan dengan secara aktif menyarankan langkah-langkah alternatif berikutnya. Apabila mereka bersiap melakukan pembelian pada waktu ini, mengantar ataupun mengarahkan para pelanggan untuk bantuan pemesanan (order) dan menginformasikan tagihannya dan cara pembayarannya.

Apabila para pelanggan belum bersiap untuk membeli pada saat ini juga, untuk langkah selanjutnya yang disarankan mungkin adalah untuk membuat undangan lebih lanjut lagi seperti pengiriman dokumen proposal penawaran pengajuan layanan seperti surat pengajuan penawaran Domain dan Hosting Terbaik Indonesia atau dengan menanyakan perihal, “Adakah perihal hal lain yang dapat saya bantu?” .

Apabila para pelanggan sudah menyampaikan tidak ada lagi alias cukup maka seyogyanya kita dapat memberi pesan yang manis diakhir kata seperti misalnya“ Senang sekali dapat berdiskusi dengan anda ! Sampai jumpa pada diskusi mengasyikkan yang unik di lain kesempatan! Semoga hari anda menyenangkan (have nice day).” Jangan menutup segala macam bentuk interaksi tanpa adanya pamit!

Baca selengkapnya : "3 Langkah Tahapan Dalam Memulai Bisnis Digital Marketing" , "Cara Agar Angel Investor Mendanai StartUp


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts

Blog Archive