Tanda Tangan Digital

Laju pergerakan teknologi yang terus berkembang semakin pesatnya dan maju kini memudahkan para pengguna software Microsoft Word untuk mengaksesnya hanya melalui Smartphone Android saja yang dibanding sebelumnya aplikasi pengolah kata ini hanya tersedia untuk perangkat Komputer (PC) dan Laptop saja. Terdapat banyak sekali kelebihan atau manfaat MS-Word di platform Android. Salah satunya yaitu membuat tanda tangan dengan mudah dan praktis. Lantas bagaimana caranya?

Tanda tangan merupakan salah satu komponen hal yang penting dalam sebuah dokumen ataupun berkas. Hal sederhana demikian umumnya membuat kerepotan seseorang karena harus membuka Laptop ataupun Komputer terlebih dahulu. Namun karena sekarang dalam aktivitas menyisipkan tanda tangan dapat dilakukan di Smartphone, tentu akan membuat pekerjaan kita lebih praktis dan tidak berbelit-belit bukan? 

Apalagi dikhususkan untuk kita yang memiliki pekerjaan tidak selalu berada ditempat atau bepergian, tips dan trik ini pasti akan sangat membantu kita. Apakah cara menambahkan tanda tangan pada software MS-Word di PC dan Word Android sama persis ? Tentu berbeda dalam penggunaan dan caranya, untuk itu supaya kita tidak bingung, sebagai berikut akan kita bahas secara detail lengkap terbaru berkaitan dengan tutorial membuat tanda tangan pada aplikasi Word di platform Android dengan mudah dan cepat. Kalian pasti penasaran dengan hasilnya ? Mari simak step by step di bawah ini.

1. Menggunakan aplikasi belisensi gratis bernama CamScanner

Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan varian aplikasi yang satu ini.Aplikasi ini sebetulnya memiliki banyak sekali fungsi dan manfaat . Namun, fungsi dan manfaat salah satunya yang paling utama adalah dapat membantu kita menyisipkan tanda tangan hanya dengan menggunakan media Smartphone Android. Dan menariknya, aplikasi demikian tidak akan memakan space file penyimpanan memori Smartphone kita, pasalnya pada aplikasi ini hanya membutuhkan ruang penyimpanan sebesar 35 MB saja.

Kita dapat mendapatkannya secara simple dan mudah dengan mencari nama CamScanner pada pencarian platform Google Play Store, kemudian mendownolad nya secara gratis. Untuk tutorial cara dalam membuat tanda tangan menggunakan aplikasi CamScanner secara lengkap, silahkan kita menyimak poin-poin sebagai berikut ini.

  • Tahapan pertama adalah dengan mendownload aplikasi CamScanner di platform Google Play Store. Setelah selesai dalam mendownload aplikasi tersebut, install dan kemudian buka aplikasi tersebut.
  • Pada saat pertama launching membuka aplikasi CamScanner, kita akan menemukan penawaran untuk menggunakan fitur premium alias berbayar. Apabila kita hanya menggunakan fitur gratis (free),kita dapat menutup saja tampilan pada halaman penawaran tersebut.
  • Supaya kita dapat langsung menggunakan secara penuh aplikasi ini, maka cobalah untuk mengklik “gunakan sekarang” yang posisi ataupun letaknya berada pada bagian pojok kanan pada bawah layar.
  • Apabila terdapat tulisan yang berisikan notifikasi permintaan izin untuk mengakses aplikasi pada Smartphone, kita dapat langsung mengklik /memilih “izinkan
  • Setelah kita melalui tahapan demi tahapan diatas, kita dapat ke tujuan utama yaitu melakukan proses scaning tanda tangan yang akan disisipkan ke dalam aplikasi Word Android dengan cara kita menekan tombol ataupun ikon kamera.
  • Setelah itu kemudian, kita pilih tanda silang ataupun (x) apabila muncul demo untuk memindai foto yang akan discan.
  • Menyediakan sebuah kertas berwarna putih kemudian kita tanda tangan disitu. Selanjutnya kita foto tanda tangan menggunakan kamera Android masing-masing. Sebaiknya unuk memastikan foto tanda tangan yang kita ambil jelas dan tidak buram alias bening.
  • Setelah kita mendapatkan foto tanda tangan, selanjutnya kita dapat melakukan pemotongan atau cropping hanya pada bagian tanda tangan saja. Apabila sudah selesai,menekan tahapan “berikutnya
  • Untuk berikutnya pilih mode “b&w”.Peran dan Fungsinya adalah untuk menyesuaikan komposisi warna pada kertas dengan dokumen yang nantinya kita akan sisipkan tanda tangannya. Setelah semuanya selesai, jangan lupa untuk menekan  “Simpan”.
  • Kemudian, kita tinggal menekan ikon share (bagi) yang berada pada bagian atas. Yang nantinya juga akan muncul option tentang format gambar yang akan kita simpan. Kita dapat memilih opsi “share jpg”.
  • Untuk tahapan berikutnya kita dapat menutup saja aplikasi CamScanner dan membuka aplikasi Word pada device Android masing-masing.
  • Selanjutnya kita mencari dokumen ataupun file yang ingin kita bubuhkan tanda tangan. 
  • Meletakkan kursor ke bagian yang kita ingin disisipkan tanda tangan. Dan setelah itu kita tekan pilihan ataupun tanda berbentuk seperti segitiga kecil kemudian pilih “beranda

 

  • Selanjutnya kedepannya nanti akan muncul notifikasi menu ataupun pilihan “sisipkan”, kita klik kemudian pilih gambar tanda tangan kita yang sebelumnya  sudah dibuat pada aplikasi CamScanner pada Smartphone masing-masing.
  • Apabila sudah menemukan sebuah gambar tanda tangan dan selanjutnya menekan selesai, maka secara otomatis akan muncul pada dokumen kita.
  • Untuk langkah terakhir kita tinggal mengatur ukuran tanda tangan atau meletakkan pada bagian yang sesuai dengan kriteria masing-masing .

2. Cara Membuat Tanda Tangan pada Word Android Tanpa Scan

Nah untuk berikutnya, berbeda sekali dengan cara yang telah disebutkan pada penjelasan diatas. Untuk cara kedua ini tidak memerlukan proses scan ataupun mendownload aplikasi terlebih dahulu.Kemudian lantas bagaimana caranya? Cara demikian hanya memungkinkan kita untuk langsung mencoret-coret isi dokumen dengan tanda tangan kita saja. Apa maksud dari cara ini ? Untuk memahami secara detail mari mencoba simak langkah-langkah sebagai berikut ini.

  • Untuk pertama, kita membuka aplikasi Word yang terdapat pada Smartphone Android masing-masing. Untuk selanjutnya membuka secara langsung dokumen yang ingin kita berikan tanda tangan.
  • Selanjutnya, kita soroti dan fokuskan pada bagian yang ingin diberikan tanda tangan, kemudian menekan ikon atau tanda berbentuk segitiga yang umumnya berada pada bagian sebelah kanan. Setelah itu lanjutkan dengan menekan menu pada bagian beranda dan pilih gambar yang diinginkan.
  • Berikutnya kita lihat akan muncul beberapa menu. Untuk salah satu menunya adalah bertuliskan keterangan “gambar dengan mouse ataupun sentuhan”, Pada menu tersebut kita dapat mengatur warna pena yang ingin digunakan atau bisa juga pilih saja warna hitam sebagai warna standar.
  • Untuk terakhir, menuliskan tanda tangan pada bagian yang diinginkann. Kita harus berhati-hati dan cermat secara seksama supaya tanda tangan terlihat rapi dan bagus dilihat semua orang.

Untuk uraian diatas adalah mengenai informasi terkini tentang cara pembuatan tanda tangan pada MS Word Android dengan mudah dan sangat praktis digunakan. Para pengguna Smartphone Android dan gawai pada era sekarang ini memang sudah serba canggih dan lengkap. Apalagi dalam penggunaan software Word pada Smartphone Android ini adalah versi gratis atau tanpa dipungut biaya serta Kita dapat dengan mudah mendownload ataupun mengunduh di platform Google Play Store.

Segera praktekkan cara-cara langkah diatas untuk menjadikan pekerjaan yang lebih cepat dan produktif. Explore dan temukan keanekaragaman teknologi lainnya pada Android yang akan semakin mempermudah Kita dalam hal pekerjaan termasuk dalam pengolahan dokumen, file, video, foto, gambar dan masih banyak lagi lainnya yang hanya dari perangkat ponsel Smartphone kita saja. Selamat mencoba dan semoga berhasil para pembaca dimanapun kalian berada.


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts

Blog Archive