Ekstensi File Windows

Cara Menampilkan Ekstensi File Windows Show dengan MudahPada sistem operasi Windows biasanya tidak menunjukkan ekstensi file secara default, namun Kita dapat mengubah konfigurasi pengaturan tunggal dan membuat sistem operasi Windows 7, 8, atau 10 selalu menampilkan ekstensi file secara lengkap pada setiap file apapun.

Mengapa Kita Harus Menampilkan Berkas Format Ekstensi File

Setiap file harus memiliki ekstensi file yang memberitahu kepada sistem operasi Windows apa jenis file tersebut. Ekstensi file biasanya berkarakter tiga atau empat digit, namun bisa juga lebih panjang. Sebagai contoh permisalan, dokumen Word memiliki ekstensi file .doc ataupun .docx. Apabila kita memiliki file bernama Contoh.docx, Windows mengetahui bahwa dokumen tersebut Word dan akan membukanya dengan mengakses software Microsoft Word.

Ada banyak sekali ekstensi file yang beranekaragam. Sebagai contoh permisalan saja, file audio mungkin memiliki ekstensi file seperti misalnya .mp3, .aac, .wma, .flac, .ogg, ataupun banyak kemungkinan terdapat jenis lainnya tergantung pada jenis format file audio apa saja.

Pengaturan pada sistem utama Windows untuk menampilkan ekstensi file sangat membantu untuk menjaga sistem keamanan (security). Misalnya saja,format ekstensi file .exe merupakan salah satu dari banyak kategori ekstensi file yang dijalankan pada platform Windows sebagai sebuah bagian program. Apabila kita tidak dapat melihat secara jelas ekstensi file tersebut, alhasil sulit untuk mengetahui apakah itu merupakan sebuah program ,dokumen berkas yang aman ataupun file media dalam sekejap saja.

Misalnya saja, kita mungkin memiliki sebuah file dengan nama "dokumen" yang memiliki bentuk icon pembaca PDF yang sudah diinstal. Dengan ekstensi file yang tersembunyi, lantas kemudian tidak ada langkah cepat untuk mengetahui secara pasti apakah ini merupakan dokumen PDF yang valid (sah) atau malah sebenarnya program jahat dan malware yang menggunakan icon pembaca PDF sebagai mode penyamarannya. Apabila kita mensetting pengaturan pada Windows untuk menampilkan berkas ekstensi file, Kita akan dapat melihat apakah itu berkas dokumen yang aman dan valid dengan nama "document.pdf" ataupun malah bisa jadi jenis file yang berbahaya dengan nama seperti "document.exe". Kita dapat melihat pada jendela properti file untuk melihat informasi lebih lanjut, akan tetapi Kita tidak perlu melakukannya apabila kita telah mengaktifkan pada berkas ekstensi file yang dimaksud.

Cara Menampilkan Berkas Format Ekstensi File pada Sistem Operasi Windows 8 dan 10

Pilihan ini mudah dan simple untuk diakses di File Explorer pada Sistem Operasi Windows 8 dan 10.

Ekstensi File Windows

Untuk selanjutnya Kita klik tab "Lihat" pada bagian pita. Mengaktifkan kotak "Ekstensi nama file" pada bagian Perlihatkan / Sembunyikan untuk mengaktifkan ataupun menonaktifkan berbagai macam jenis ekstensi file. Untuk tahapan selanjutnya File Explorer akan mengingat history terhadap yang kita ubah pada pengaturan ini sampai kita mengnonaktifkannya di masa mendatang.

Cara Menampilkan Format Ekstensi File pada Sistem Operasi Windows 7

Pilihan ini sedikit lebih tersembunyi posisinya di sistem operasi Windows 7, dimana bagian yang diinginkan letaknya berada pada jendela Folder Options.

Mengklik tombol "Atur" pada bagian toolbar Windows Explorer dan memilih "Folder dan opsi pencarian" untuk membuka dan mengaksesnya.

Ekstensi File Windows

Mengklik tab "Tampilan" pada bagian atas pada jendela Opsi Folder. Mengnonaktifkan pada bagian kotak centang "Sembunyikan ekstensi untuk jenis file yang dikenal" di bawah pada pengaturan lanjutan. Kita menklik "OK" untuk mengubah pengaturan settingan.

Ekstensi File Windows

Pada jendela opsi ini juga dapat diakses pada sistem operasi Windows 8 dan 10-cukup dengan mengklik tombol "Opsi" pada bilah alat Tampilan. Namun pada kenyataannya lebih cepat dan simple untuk beralih secara cepat ekstensi file atau menonaktifkan melalui media pita.

Di jendela ini juga dapat kita akses melalui bagian Control Panel pada setiap versi sistem operasi Windows. Kepala ke bagian Panel Kontrol> Penampilan dan Personalisasi> Opsi Folder. Pada sistem operasi Windows 8 dan 10, bagian itu bernama "File Explorer Options" sebagai penggantinya.

Baca Selengkpanya : "Cara Mudah Membuat Hotspot (WIFI) Dengan Command Prompt"


1 comment:

  1. ditunggu tutorial kunci gitarnya gan..,, request lagu Lingsir wengi ya..,, thks

    ReplyDelete

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts

Blog Archive