Cara Menjadi Power Merchant di Tokopedia dengan Mudah - Di masa pandemi virus corona seperti sekarang ini, terlebih lagi setelah diumumkannya isue resesi ekonomi di Indonesia, sebagai seorang pebisnis kita harus mengatur strategi ulang agar tetap dapat memaksimalkan omset penjualan.

Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah dengan memperluas dan memperkuat jaringan penjualan yang telah kita jalin sedari awal.

Sebagai contoh saja, untuk kita yang telah menjadi seller di marketplace Tokopedia, akan lebih baik lagi jika mendaftar program power merchant untuk meningkatkan trafik penjualan.

Seperti kebanyakan platform e-commerce lainnya, marketplace Tokopedia pun memiliki program unggulan khusus seller yang dinamakan power merchant tadi. Power Merchant merupakan program keanggotaan para penjual ataupun disebut Seller untuk membantu meningkatkan trafik penjualan dan meningkatkan kepercayaan kepada para pelanggan.

Para seller yang menjadi dan memiliki Power Merchant akan ditawari sejumlah fitur ekslusif yang tidak didapatkan daripada seller lain di luar keanggotaan.

Keuntungan Memiliki Fitur Power Merchant Tokopedia

Sejumlah fitur eksklusif yang telah disebutkan diatas tentu akan menjadi pembeda antara seller yang biasa dengan seller power merchant. Mari kita ulas secara mendetail apa saja keuntungan (benefit) memiliki fitur unggulan power merchant Tokopedia.

·         Mendapatkan Pendanaan Toko

Pendanaa merupakan salah satu faktor terpenting ketika kita terjun diawal menjadi pebisnis. Dan kabar baiknya, apabila menjadi seller dengan fitur power merchant Tokopedia, kita akan menjadi prioritas utama saat mengajukan program Pendanaan Toko.

·         Akan Mendapatkan Promo Eksklusif

Keberadaan seller yang telah mendapatkan badge predikat power merchant memiliki peluang kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan berbagai promo menarik yang sering diadakan Tokopedia. Yang dimulai dari TokoPoints hingga sampai diskon ataupun cashback.

·         Mendapatkan Ekstra kredit

Kita dapat mendapatkan bonus ekstra kredit 5% dari setiap transaksi top-up TopAds. Tentu hal demikian akan menguntungkan apabila kita termasuk seller yang sering memasang iklan promosi.

·         Penarikan total saldo yang lebih mudah dan efisien

Keuntungan yang satu ini dapat memudahkan kita ketika akan melakukan penarikan pemasukan. Kita tidak perlu lagi menunggu konfirmasi ulang dari pembeli apabila telah memasukkan nomer resi pengiriman. Keuntungan (benefit) ini sering disebut juga Saldo Prioritas.

·         Mendapatkan kepercayaan lebih dari pihak pelanggan

Memiliki predikat badge power merchant akan meningkatkan kredibilitas toko kita dibanding dengan keberadaan toko lainnya. Untuk kedepannya, hal demikian akan berpengaruh pada meningkatnya jumlah penjualan dan menambah jumlah loyalitas para customer.

Cara Menjadi Power Merchant di Tokopedia

Setelah kita melihat sederet keuntungan (benefit) apabila menjadi power merchant di marketplace Tokopedia diatas, pasti diantara kita akan semakin yakin untuk mendaftarnya. Berikut ini merupakan langkah-langkah yang perlu dilakukan sebagai langkah dan tahapan dalam cara mendaftar power merchant.

Langkah 1: Memverifikasi data diri.

Melakukan verifikasi data diri dengan mengunggah file KTP. Caranya, dengan membuka Pengaturan Atur Akun > Dokumen Data Diri / Kartu Identitas.

Langkah 2: Memastikan Performa Toko Kita

Salah satu persyaratan utama untuk mengajukan predikat menjadi power merchant adalah dengan memiliki skor performa toko minimal sebesar 75 poin. Apabila belum memiliki skor minimal silahkan untuk meningkatkan terlebih dahulu skor performa toko kita.

Apabila nilai performa total kita lebih dari 75 poin, kita dapat melanjutkan dengan mengklik menu Upgrade menjadi Power Merchant pada kolom sebelah kiri.

Langkah 3: Membuka Pusat Seller Tokopedia

Masuk ke dalam akun Tokopedia masing-masing pada Pusat Seller kemudian klik Power Merchant, dan setelah itu klik button Upgrade Tokomu.

Fitur pada Power Merchant ini sangat penting untuk memaksimalkan omset penjualan dan bahkan lebih dari perkiraan, kita dapat menambah kredibilitas toko kita dan menjaring lebih banyak lagi loyalitas para customer atau pelanggan tetap.

Memang pada kenyataannya, setelah menjadi dan memiliki Power Merchant kita tetap harus mengatur strategi ulang lainnya untuk tetap mempertahankan tingkat penjualan dan memaksimalkannya pada masa pandemi virus ini.

Namun, hal demikian tentu membutuhkan tambahan modal lainnya apabila kita ingin mengembangkan bisnis yang lebih besar lagi.


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts

Blog Archive