Star Seller Shopee

Cara Menjadi Star Seller di Shopee dengan Mudah - Hampir semua pebisnis online yang berjualan di Platform Marketplace Shopee tentu memiliki impian untuk menjadi Seorang Star Seller. Dan melalui pemaparan pada  artikel ini, penulis akan mencoba berbagi pengetahuan tentang bagaimana cara menjadi Star Seller di Marketplace Shopee.

Keuntungan Yang Diperoleh

Jauh sebelum kita mengulas mengenai bagaimana cara menjadi star seller di Marketplace Shopee, tidak afdol rasanya apabila kita tidak membahas mengenai apa saja sisi keuntungan yang akan kita dapatkan ketika suatu ketika berhasil menyandang predikat menjadi star seller.

  1. Kita akan mendapatkan layanan program gratis ongkir spesial dengan minimal jumlah pembelian lebih rendah dibandingkan subtotal penjualan biasanya.
  2. Produk yang akan kita jual akan masuk ke dalam filter pencarian “Star Seller”.
  3. Menggunakan Tag “Star Seller” yang akan meningkatkan rasa kepercayaan calon konsumen.
  4. Mengakses ke dalam fitur dan program baru dari Shopee.
  5. Total Biaya layanan program Gratis Ongkir minimal jumlah belanja Rp 0 lebih rendah (2%).
  6. Mendapatkan Bonus kredit ketika topup Kredit Iklanku.

Persyaratan Yang Harus Dipenuhi

Hal terpenting pada tahapan selanjutnya agar kita dapat segera menjadi star seller adalah mengetahui apa saja tentang persyaratan menjadi star seller.

  1. Telah memiliki kartu KTP yang telah terdaftar dan disetujui oleh pihak Shopee.
  2. Toko memiliki jumlah persentase chat dibalas >= 80%
  3. Toko memiliki total penilaian >= 4.5
  4. Toko memiliki total persentase produk Pre-order <=20% atau >20% maksimal. Dalam kurun waktu 5 hari
  5. Toko memiliki minimal. jumlah transaksi penjualan berhasil sebanyak 100 pesanan pada bulan sebelumnya
  6. Toko melayani >= 25 Pembeli yang berbeda pada bulan sebelumnya
  7. Toko tidak memiliki point penalty (pelanggaran)
  8. Toko tidak memiliki riwayat order pesanan yang tidak wajar, kejanggalan dan keganjilan pada aktivitas akun, atau penyalahgunaan program dari pihak Shopee untuk kepentingan pribadi

Tantangan Yang Harus Dihadapi

Kurang lebihnya diantara kita sudah memahami secara garis besar tentang apa aja keuntungan dan persyaratan utama menjadi star seller di Marketplace Shopee? Untuk selanjutnya pada saat ini waktunya kita mengkaji secara lebih mendalam lagi.

Tantangan terbesar yang harus dihadapi untuk bisa menjadi star seller adalah minimal memiliki total 100 pesanan dari minimal 25 pembeli. Jadi misalnya saja kita mempunyai 100 pesanan namun hanya dari  sekitar 1 pembeli saja, maka gugurlah kriteria untuk bisa menjadi seorang star seller.

Tantangan untuk mendapatkan 100 pesanan dari total 25 pembeli berbeda ini akan semakin berat untuk dilakukan untuk kita yang benar-benar baru merintis dari skala 0 alias baru membuat  toko baru.

Kenapa Demikian Bisa Terjadi ?

Untuk poin utamanya sangat sederhana sekali, hal pertama kali yang diperhatikan oleh calon pembeli sebelum memutuskan untuk membeli produk kita di Shopee adalah aspek “ULASAN”. Pembeli di marketplace Shopee mayoritas adalah smart buyer, keputusan pada diri mereka untuk membeli selalu penuh dengan pertimbangan matang-matang .

Jadi jangan mengherankan apabila produk kita yang belum memiliki ulasan tidak laku (atau sudah laku namun tidak sesuai dengan target) meskipun kita sudah melakukan beriklan (promosi) dengan budget jutaan rupiah setiap harinya.

Sehingga sebelum kita berbicara mengenai cara mendapatkan jumlah 100 pesanan, fokuskan diri kita untuk mendapatkan transaksi pesanan pertama dan ulasan pertama. Karena pesanan serta ulasan pertama tersebut akan membantu kita untuk mendapatkan pesanan selanjutnya.

Lantas? Bagaimana cara untuk mendapatkan pesanan pertama di marketplace Shopee yang sudah penuh sesak akan persaingan antar seller ? Mari kita lanjutkan untuk membaca!

Strategi Yang Tepat dan Akurat

Saya menggunakan beberapa pola khusus untuk dapat mendapatkan transaksi pada pesanan pertama.

1. Menggunakan fitur “naikkan produk”

Fitur ini berstatus gratis (free). Kita dapat menggunakan fitur ini untuk maksimal 5 produk setiap interval 4 jam sekali. Namun kembali pada konsep awal, walaupun produk kita berada pada halaman pertama pihak Shopee sesuai kata kunci atau keyword, tidak akan menjamin produk kita lantas laku begitu saja.

Kita harus tetap fokus dan bersabar , siapa sangka kita mendapati pembeli yang “khilaf” yang berkeinginan untuk membeli sebuah produk tanpa mengulas terlebih dahulu. Apakah hal demikian ada? Tentu pastinya ada.

2. Beriklan (Promosi) di Marketplace Shopee

Konsepnya hampir sama dengan point yang pertama, namun pada tahapan disini kita akan dituntut memiliki modal serta nyali untuk istilahnya bakar duit.

Ketika kita beriklan di platform marketplace Shopee untuk sebuah keberadaan produk tanpa adanya transaksi penjualan dan tanpa ulasan, Kita harus berfikir ulang dan terbesit dalam pikiran bahwa itu meruapakan sebuah investasi.Lantas jenis investasi apa? Dan ternyata jenis investasi untuk mencari pembeli yang sedang “khilaf” yang berkeinginan untuk membeli sebuah produk tanpa adanya ulasan.

Beriklan di platform Shopee untuk produk tanpa adanya ulasan berdasarkan pengalaman beberapa kalangan user, 99% pasti mengalami kerugian. Untuk target pada tahapan awal beriklan di platform Shopee bukan untuk mencari profit, akan tetapi untuk mencari pembeli yang “khilaf” seperti yang penulis sebutkan diatas.

3. Membuat Produk Semenarik Mungkin

Salah satu langkah terbaik untuk mendapatkan income pada penjualan perdana adalah membuat kualitas produk semenarik mungkin. Dimulai dari foto (gambar), judul, deskripsi, dan lain sebagainya. Tampilan yang dikemas pada produk yang menarik dapat mengalihkan fokus calon pembeli (konsumen) untuk melihat sebuah ulasan.

4. Efek dari Komponen External Traffic

Hal demikian merupakan langkah yang menurut saya sangat efektif dan akurat untuk mendapatkan hasil yang signifikan dari penjualan.Apa itu pengertian dari External Traffic ? Pada intinya hal yang menunjukkan trafik / kunjungan visitor dari luar website atau dari aplikasi Shopee.Penulis sendiri mempunyai 3 sumber media periklanan:

  • Facebook Ads
  • Google Ads
  • SEO

Kita dapat memanfaatkan 3 kanal marketing diatas untuk menjaring calon pengunjung (visitor) . Untuk langkah selanjutnya kita mengarahkan pembeli (buyer) ke platform link Shopee.

Mengapa hal ini merupakan langkah yang terbaik? Karena ketika kita sudah berhasil ‘menghipnotis’ mindset para pembeli menggunakan fitur landing page dan teknik  copywriting, sehingga  alhasil calon pembeli sudah tidak akan ragu-ragu lagi dalam membeli produk kita melalui platform marketplace Shopee walaupun rating dari ulasan produk 0.

Kesimpulan

Berjualan produk di platform Shopee yang dimulai dari skala 0 sampai menjadi star seller dibutuhkan sebuah strategi,teknik dan ketekunan yang sangat sangat extra , terutama pada tahapan awal pada saat kita mencari target pada transaksi penjualan pertama. Dibutuhkan kerja keras (serta cerdas), berfikir kreatif dan keberanian dalam mengambil resiko, berinvestasi untuk beriklan dan lain sebagainya.

Namun pada alhasil semua kerja keras dan biaya investasi Kita akan terbayar lunas bahkan akan menjadi point lebih apabila reputasi toko Kita di platform Shopee sudah mulai terbangun fondasinya. Sekian informasi dari penulis kurang lebihnya begitu, mari berdiskusi pada kolom komentar apabila terdapat hal yang perlu didiskusikan.


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts

Blog Archive