Tweak Baterai AndroidCara Mudah Tweak Baterai Android Agar HematTweak Baterai Android dilakukan sebagai langkah upaya tingkat performa smartphone pintar yang kita gunakan dapat maksimal dan optimal, namun hemat penggunaan daya tanpa mengurangi performanya dari device tersebut. Setiap smartphone memiliki kapasitas daya tenaga dan lecutan yang berbeda-beda. Sehingga semakin besar, tentu semakin lama juga device dapat bertahan dengan berbagai aktivitas kita sehari-hari. Namun setelah dirasanya, ternyata daya ketahanan tersebut tidak akan memberikan dampak yang signifikan apabila kita terlalu sering menggunakan smartphone secara tidak bijak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Salah satu langkah upaya yang signifikan dalam penghematan daya baterai adalah dengan tindakan rooting. Dengan proses root kita dapat menghemat daya baterai smartphone karena kita dapat menghapus aplikasi bawaan dari vendor yang tidak terpakai. Aplikasi bawaan yang tidak terpakai secara rutin ini dikenal dengan istilah bloatware. Namun sayangnya tidak semua orang memahami dengan sistem android yang kompleks dan justru beresiko terhadap kerusakan apabila kita memaksakan. Sehingga kita dapat memanfaatkan cara lain yang lebih sederhana simple dan tidak perlu untuk melakukan rooting.

1. Menghemat Baterai dengan Hilangkan fitur Vibration / Getar.

Meskipun getaran tidak terlalu mengganggu (noise) daripa adanya nada dering, mereka sebenarnya mengkonsumsi lebih banyak daya baterai. Bergantung pada seberapa sering perangkat mengalami kondisi bergetar, contoh sederhana saja notifikasi yang datang dari group chat. Sebagai upaya tweaking Android yang pertama kali, kita dapat berupaya menghemat penggunaan daya baterai dengan cara yang sederhana: menonaktifkan vibration alias getaran tersebut. Sehingga, keberadaan getaran yang muncul dari notifikasi chat, update, game, hingga social media, tidak akan muncul dan lebih menghemat daya baterai. Kita dapat menjadi lebih bijaksana dengan menempatkan fungsi getar hanya untuk notifikasi ataupun pemberitahuan yang benar-benar penting saja. Misalkan saja khusus untuk panggilan seluler telepon, panggilan whatsapp bergetar bisa diaktifkan. Faktanya dilapangan masih banyak yang untuk sekedar  untuk tombol mundur ataupun pada tombol navigasi saja yang getarnya masih aktif. Kita dapat menonaktfikan getar pada tombol navigasi ini dengan masuk ke dalam Sound/ Suara -> other / lainnya -> menonaktifkan vibrate on tap / bergetar apabila disentuh.

 

2. Membersihkan Semua Aplikasi Bloatware

Bloatware merupakan aplikasi yang mungkin berguna apabila mereka tidak mengambil sumber daya (resource) yang terlalu tinggi, yang entah itu berasal dari komponen RAM, CPU, Harddisk, dan lain sebagainya. Bahkan apabila kita tidak secara aktif dalam menggunakannya,secara otomatis dia dapat muncul dalam posisi sebagai background atau autostartup. Lalu kemudian menonaktifkan semua aplikasi bloatware yang kita bisa. Yang idealnya, menghapus semua bloatware tersebut. Beberapa situasi dan kondisi dibutuhkan tehnik rooting sistem, namun pada kenyataannya tidak selalu dan dapat dinonaktifkan ataupun kita akan mendisablenya. Untuk ulasan secara lebih lengkap mengenai jenis bloatware dan cara untuk mematikannya dapat dilihat pada berbagai Bloatware pada Smartphone dan cara untuk mematikannya. Memahami bahwa hal-hal seperti demikian juga dapat menguras daya baterai dan membuatnya lebih cepat habis sebelum waktu yang seharusnya.

 

3. Menurunkan Kecerahan Cahaya (Brightness) Pada Smartphone

Apabila Smartphone kita menggunakan layar bertipe OLED, beralih ke mode tema gelap (dark mode) membantu dalam penghematan baterai. Diketahui secara pasti bahwa tampilan pada OLED dapat menonaktifkan pixel individual, sehingga apabila background berwarna hitam pekat sehingga memungkinkannya untuk mengokonsumsi lebih sedikit asupan daya. Kita dapat memanfaatkan ini dengan banyak tips dan trik seperti menerapkan wallpaper gelap tema serta gelap, dan mengaktifkan selalu mode malam pada aplikasi yang kompatibel seperti misalnya Twitter, Pocket, dan lain sebagainya. Tips dan trik tweaking Android yang satu ini, biasanya ampuh dan tepat untuk semua Smartphone Android. Tetapi apakah jenis layar pada Smartphone yang kita gunakan? Sebaiknya mengetahui perbedaan LCD vs AMOLED vs OLED dan pengaruhnya pada konsumsi daya tahan baterai pada Smartphone.

 

4. Menggunakan fitur GPS Seperlunya Saja

Untuk cara ampuh lainnya untuk meningkatkan waktu daya tahan baterai ponsel adalah dengan mematikan fungsi GPS sepenuhnya. Dan pada kenyataannya, hal tersebut tidaklah mudah dan praktis.Dan maka dari itu, sangat direkomendasikan bagi kita untuk menggunakan GPS pada waktu-waktu yang diperlukan saja. Sebagai awalan, kecuali apabila kita memiliki navigasi aktif pada aplikasi seperti pada Google Maps, selanjutnya beralihlah dan mengubah ke dalam mode lokasi Device Only (pada Android Oreo dan sebelumnya). Pada situasi tersebut, koordinat pada Smartphone kita ditentukan hanya melalui informasi dari perangkat GPS. Pada mode Penghematan daya baterai dan Akurasi Tinggi, smartphone menggunakan beberapa tambahan modul lain termasuk Wi-Fi dan Bluetooth. Hal ini dapat menghabiskan lebih banyak menguras masa pakai baterai dan biasanya hal ini tidak perlu untuk dilakukan. Alangkah baiknya untuk memperhatikan hal-hal tersebut demi mengoptimalkan performa daya baterai. Sederhananya apabila Kita tidak sedang berpergian maka menonaktifkan saja GPS, sebaliknya apabila sedang bepergian ataupun ingin mengshare location barulah fitur GPS diaktifkan.

 

5. Menggunakan dan Aktifkan Airplane Mode

Airplane mode menonaktifkan semua bentuk komunikasi antar jaringan, termasuk lingkup frekuensi  2G, 3G, 4G, dan Wi-Fi. Ketika dalam posisi jaringan nonaktif,lantas  komponen-komponen pada jaringan tersebut tidak lagi menghabiskan masa penggunaan baterai karena tidak adanya sinyal yang menyala sehingga lebih menjadikan konsumsi menjadi hemat. Apabila kita benar-benar merasa bahwa daya baterai smartphone telah mengalami keborosan, pertimbangkan kembali untuk mengaktifkan airplane mode setiap kali kita hendak bepergian ke luar. Namun akan tetapi apabila sedang berdiam pada satu tempat, kita tidak perlu untuk mengaktifkan airplane mode karena dapat langsung mencharging smartphone.

Hampir semua tips dan trik diatas sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah dan simple hanya lewat panel layar notifikasi saja. Karena dari panel layar notifikasi kita dapat mengakses Vibration, Kecerahan layar, GPS hingga pada Airplane mode. Sehingga misalnya kita berkeinginan menonaktifkan atau mengaktfikan GPS tinggal mengusap saja pada panel notifikasi pada layar, begitu pula untuk fungsi-fungsi lainnya. Lalu kemudian bagaimana cara praktis agar fitur-fitur yang penting tersebut dapat diatur tata letak (layout) dan posisinya sesuai keinginan masing-masing ?

 

Sebaiknya ketahuilah Pengaturan Panel Notifikasi pada Smartphone Android secara lengkap untuk mempermudah dan mengoptimalkan secara maksimal fungsi smartphone milik kita. Sekian informasi yang penulis berikan dan seperti itulah tips dan trik tweaking Android agar daya baterai tetap hemat. Terlepas dari hal-hal yang telah disebutkan pada artikel diatas, pastikan saja apabila baterai kita boros karena permasalahan aplikasi dan internal lainnya, bukan karena akibat kerusakan komponen.Sekian untuk artikel pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat untuk para pembaca dimanapun kalian berada.


1 comment:

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts

Blog Archive