Nepal Van Java

Nepal Van Java Kaliangkrik Magelang Dibuka Kembali  - Nepal Van Java menjadi salah satu spot destinasi wisata yang anyar di wilayah Jawa Tengah. Destinasi yang berlokasi di Desa Butuh,Kaliangkrik,Kabupaten Magelang ini ternyata menjadi viral karena mempunyai kemiripan dengan negara Nepal.

Kondisi terkini Nepal Van Java sudah mulai dibuka kembali secara umum setelah pandemi virus corona menerjang di Indonesia. Pada saat ini terdapat beberapa hal baru yang telah direnovasi dan dipugar seperti misalnya icon desa butuh yakni Gardu Pandang dan Patung Ular Naga.

Namu disisi lain bukan hanya lingkup ikonik yang berada di Nepal Van Java yang diperbaiki, pada kondisi saat ini beberapa warga setempat sudah menambahkan spot lokasi baru untuk memarkir mobil di bagian sebelah barat dari dusun buntu.Dan selain itu kondisi perumahan warga lokal juga telah dicat ulang supaya bernuansa alami dan tampak segar asri.

Aktivitas di Nepal Van Java

Memetik Sayur Mayur

Selain itu dikalangan para warga dan masyarakat sekitar Nepal Van Java yang mayoritas bekerja sebagai petani sayur mayur, pada saat musim panen telah tiba banyak kalangan para wisatawan bisa mendayagunakan waktu dengan beraktivitas memetik sayur yang telah siap untuk dipanen dan dipasarkan.

Spot  Berfoto Selfie

Para wisatawan dapat mendokumentasikan momen yang penting tersebut untuk pengambilan sebuah foto yang cantik dan unik ditambah dengan background sebuah hunian warga yang sangat mirip dengan negara Nepal di benua Eropa yaitu gabungan perkampungan rumah yang bertransformasi menumpuk dan juga terdapat ikon desa Butuh yakni ikon Patung Naga disertai kita dapat mencari view gambar yang keren di Gardu Pandangnya.

Menginap di Nepal Van Java

Apabila kita berkeinginan untuk berlama-lama menikmati panorama suasana di Nepal Van Java terkadang kita berhasrat untuk menginap lebih lama supaya lega dalam rangka kunjungan wisata. Apalagi ditambah dengan udara yang sejuk dan bersih akan membuat kita semakin betah untuk betah meninggali kawasan destinasi disana dengan range harga penginapan dimulai dari kisaran budget 100 ribu sampai dengan 200 ribu bergantung dengan opsi fasilitas yang diberikan dari pihak penyedia.

Rute Jalan Menuju Nepan Van Java

Dari Arah Yogya

Apabila kita berada di Yogyakarta kita bisa secara langsung memposisikan kendaraan menuju ke arah titik pusat kota megelang  sejauh kurang lebih 12 kilometer dari pusat kota Magelang ke pasar kaliangkrik.Kita dapat menggunakan bantuan aplikasi waze supaya perjalan kita terasa nyaman sampai ke titik tujuan . Bertepatan dari Pasar Kaliangkrik sebaiknya memposisikan kendaraan kita ke SDN Temanggung sejauh 2 kilometer mengambil arah kanan kea rah Basecamp Sumbing via butuh serta Lokasi Nepal Van Java dapat kita temukan sebelum memasuki basecamp yang berjarak 500 meter.Sebaiknya antisipasi kondisi kendaraan kita kuat saat memasuki tanjakan dikarenakan didominasi dengan jalur tanjakan yang terjal dan cukup curam.

Dari Arah Semarang

Apabila kita di Kota Semarang sebaiknya memposisikan ke Kabupaten Magelang sama persis seperti rute jalan Yogya-Magelang yakni dengan menemukan pasar kaliangkrik. Apabila kita memasuki jalan tol dari arah Semarang dan biasanya akan memakan perjalanan waktu kurang lebih sampai 2 setengah jam sampai ke bagian kota Magelang lantas menuju pasar kaliangkrik ke bagian arah SDN Temanggung dengan kurang lebih jarak 2km dan mengambil jarak antara 6 km dengan kondisi menanjak ke arah basecamp Sumbing lewat jalur kaliangkrik.

Harga Tiket Retribusi Nepal Van Java

Untuk informasi pemesanan harga tiket masuk retribusi ke Nepal Van Java ternyata para wisatawan tidak perlu dalam membayar uang masuk aka gratis pada saat kunjungan, namun yang perlu menjadi perhatian mereka hanya membayar uang parker untuk kendaraan roda dua sebesar 2000 sedangkan kendaraan roda empat sebesar 5000 saja

Untuk melakukan swafoto di bagian ikon Nepal Van Java atau disebut juga patung naga para wisatawan ternyata tidak perlu dalam membayar atau gratis secara cuma-cuma namun akan tetapi harus membayar budget sebesar 3000 untuk spot ikon yang satunya lagi yakni gardu pandang yang berada di posisi bawah. Untuk spot Gardu Pandang yang berada bagian atas tariff masuknya berbeda yakni sebesar 5000 .

Daftar Wisata Sekitar Nepal Van Java

Apabila sudah mengunjungi ke Nepal Van Java kita dapat mengunjungi ke 5 destinasi tempat wisata di sekitarnya yang tidak kalah unik dan menarik untuk dikunjungi. Mari,kita mencari tahu secara detail 5 tempat destinasi wisata di sekitar area Nepal Van Java.

1. Obyek Wisata Mangli Sky View

Mangli Sky View yang berlokasi di sebuah Desa Mangli Kaliangkrik yang berada pada ketinggian sekitar 1570 Mdpl yang terletak disebelah bagian timur gunung sumbing yang menampilkan sebuah panorama yang eksotis berupa hamparan awan langit yang cerah di suasana pagi hari.

Kita dapat menikmati hamparan suasana alam dengan melakukan kemah menikmati andong,gunung merbabu,telomoyo,tidar,giyanti ,ungaran dan gunung sumbing.

2. Obyek Wisata Silancur Higland

Beberapa spot wisata yang bertajuk alam yang tepatnya berlokasi di Desa Mangli,Kecamatan Kaliangkrik ini berada di ketinggian sekitar 1300 meter mdpl yang berada di tenggara lereng kaki Gunung Sumbing. Di bagian itu kita akan bisa melihat serentetan pegunungan yang indah dan mempesona dari mulai gunung Merapi sampai Ungaran.

3. Obyek Wisata Curug Silawe

Curug atau air terjun yang satu ini berada di dusun kopeng tepatnya di desa sutopati,kecamatan kajoran yang tepatnya berlokasi di Kaki lereng Gunung Sumbing sehingga kadar air juga membuat sejuk dan dingin- dingin empuk. Serangkaian pepohonan yang menjulang tinggi serta melingkar mengelilinginya akan menjadikan suasana curug semakin asri dan tenang.Keadaan geografis curug ini hanya memiliki ketinggian sekitar 60 meter.

4. Obyek Wisata Candi Selogriyo

Dan selain itu terdapat lokasi Candi yang berada di dekat Nepal Van Java yang menyimpan peninggalan sebuah peradaban pada zaman dahulu yang diprediksi proses pembangunan pada saat kerajaan Mataram Kuno. Lokasi Candi tersebut berada di Desa Candisari, Windusari Kabupaten Magelang.

Selain akan mendapatkan sebuah spot foto candi kita dapat melihat panorama alam pegunungan dengan kondisi udara yang sejuk disertai dengan bukti perkembangan nilai peradaban agama Hindu di Indonesia.

5. Obyek Wisata Gunung Sumbing

Untuk selanjutnya yaitu gunung sumbing sendiri yang tepatnya berada di Dusun Butuh dengan mencobanya untuk melakukan pendakian sebagai salah satu kumpulan gunung yang memiliki panorama yang eksotis sebagai sebuah titik persinggahan kedua tertinggi di Jawa Tengah.

Sebuah jalur yang menyita waktu dan tenaga akan terbayarkan apabila kita sudah mencapai titik puncaknya .Sebuah rasa letih dan lelah akan terlupakan apabila kita sudah sampai bagian puncaknya.

Baca Selengkapnya : "Rekomendasi Wisata Kebun Teh Sukawana di Lembang"


1 comment:

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts

Blog Archive