Wisata Negeri di Atas Awan di Gunung Kidul

5 Tempat Wisata Negeri di Atas Awan di Gunung Kidul - Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki beberapa destinasi wisata yang sering disebut sebagai negeri di atas awan. Dikarenakan, para wisatawan dapat merasakan sensasi yang manakjubkan seperti benar-benar berada diatas awan ketika berkunjung ke tempat tersebut. 

Tempat-tempat berikut ini pada berada di ketinggian pada dataran tinggi dan mampu menyajikan panorama alam yang mempesona di Yogyakarta, lengkap dengan kondensasi kabut tipis yang terlihat menyerupai awan. Berikut dibawah ini terdapat lima tempat wisata negeri di atas awan yang berada di Yogyakarta. Dapat kita jadikan sebuah ide-ide alternatif liburan untuk menikmati akhir pekan.


Wisata Negeri di Atas Awan di Gunung Kidul

1. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan terletak di Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Sungai kabut menjadi pemandangan yang dinanti-nanti pada bagian ini. Pada tempat ini juga sangat populer sebagai salah satu destinasi spot sunrise terbaik di Yogyakarta. Para wisatawan dapat menikmati sebuah momen sunrise sambil melakukan swafoto di beberapa area di gardu pandang yang tersedia di destinasi wisata ini.

Dan selain itu tentu saja terdapat kebun buah yang menyajikan keanekaragaman jenis tanaman. Terdapat buah-buahan yang sudah siap untuk dipanen, kita dapat membeli dan membawa pulang sesuai kebutuhan masing-masing.

Untuk tempat sendiri berjarak kurang lebih sekitar 25 kilometer dari pusat kota Yogyakarta ini rutin dibuka setiap hari pukul 05.30-10.00 WIB dan pukul 14.00-17.30 WIB.

Wisata Negeri di Atas Awan di Gunung Kidul

2. Jurang Tembelan

Destinasi yang satu ini sangat cocok dikunjungi pada saat musim penghujan. Karena diprediksi ,kabut akan muncul dan terlihat menyerupai sebuah gumpalan awan. Membuat pemandangan ditempat tersebut menjadi begitu unik dan menarik, seperti berada di atas awan. Biasanya kemunculan pada saat dipagi hari pada saat musim penghujan,panorama kabut akan muncul secara jelas dan terlihat di lembah sebelah barat Jurang Tembelan.Pesonanya semakin mempesona karena kabut yang melayang diudara menyerupai sungai kabut.

Seperti dengan namanya, Jurang Tembelan sendiri memang berada dibibir jurang. Namun tempat wisata ini tidaklah ekstrem dalam hal aksesnya. Pada realitanya, terdapat cukup banyak spot foto Instagramable dan Aesthetic serta ditambah  pemandangan indah dikombinasikan dengan lembah dan perbukitan hijau yang mengagumkan dan eksotis. Jurang Tembelan Kanigoro letaknya di Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul. Untuk jam operasionalnya setiap hari selama 24 jam.Untuk harga tiket masuknya hanya berkisar Rp 2.500 per orang.

Wisata Negeri di Atas Awan di Gunung Kidul

3. Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung lokasinya terletak di Dusun Kediwung, Kecamatan Mangunan, Kabupaten Bantul,Yogyakarta. Terdapat kurang lebih sembilan anjungan foto dengan bentuk dan latar belakang yang berbeda pada tempat ini. Para wisatawan dapat berfoto ria di anjungan-anjungan tersebut. Selain menjadi tempat untuk berfoto, kita juga dapat aktivitas lainnya untuk sekedar menikmati suasana yang indah perbukitan yang hijau dan udara yang sejuk dari beberapa sudut gardu pandang yang tersedia.

Waktu yang terbaik dalam mengunjungi tempat ini yaitu ketika matahari terbit (sunrise). Matahari Terbit di Bukit Panguk Kediwung sangat sayang untuk dilewatkan oleh para wisatawan, dikarenakan seakan-akan muncul dari lautan awan akibat kondensasi kabut yang muncul. Untuk lokasi tempat wisata ini tidak terlalu jauh dari destinasi wisata Kebun Buah Mangunan. Untuk jam operasionalnya Selasa-Minggu pukul 04.00 WIB-16.00 WIB. Dan untuk harga tiket masuk retribusi dipatok senilai Rp 3.000 dengan tarif parkir mobil Rp 5.000 dan sepeda motor Rp 3.000.

Wisata Negeri di Atas Awan di Gunung Kidul

4. Geoforest Watu Payung Turunan

Wisata Negeri di Atas Awan di Gunung Kidul

Untuk destinasi wisata yang satu ini tepatnya terletak di sebuah Dusun Turunan, Desa Girisuko, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul,destinasi yang satu ini terkenal dengan panorama sunrisenya yang begitu menakjubkan.Untuk jaraknya tempuhnya kurang lebih sekitar 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, dengan jarak waktu tempuh kurang lebih sekitar satu jam durasinya. Untuk tiket masuk destinasi wisata satu ini hanya dipatok Rp 5.000 per orang. Sedangkan jam operasionalnya setiap hari pukul 04.45  – 21.00 WIB.

Sebelum panorama matahari terbit, para wisatawan juga dapat menikmati penampakan sungai kabut. Untuk destinasi obyek wisata yang satu ini menghadap ke sisi utara dengan pemandangan hamparan pegunungan hijau dan lembah. Untuk kabut pagi biasanya terlihat melayang di antara jalur bukit dan mengikuti alur lembah sehingga terlihat begitu eksotis. Momen unik tersebut biasanya terjadi sebelum matahari terbit, dengan sinar cahaya orange yang perlahan muncul ufuk langit timur.

5. Watu Mabur Camp

Wisata Negeri di Atas Awan di Gunung Kidul

Watu Mabur Camp terletak di daerah Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.Untuk kawasan wisata satu ini sebenarnya adalah sebuah area untuk berkemah. Namun dari pihak pengelola juga telah menyediakan spot-spot foto yang aesthetic seperti misalnya menara gardu pandang, batu yang bertumpuk, sampai rute jalan yang berujung di tebing.

Untuk salah satu pesona ciri khasnya adalah panorama momen sunrise yang terkadang dihiasi dengan indahnya bentangan sungai kabut. Selain fasilitas berkemah tradisional, para wisatawan juga dapat berkemah dengan nyaman dengan unit glamping yang disediakan dari pihak pengelola.Obyek wisata Watu Mabur Camp beroperasi setiap hari selama 24 jam dengan tarif harga retribusi tiket masuk Rp 2.500 per orang. Apabila kita berkeinginan berkemah, untuk harga tiket masuknya dipatok sebesar Rp 15.000 belum termasuk akomodasi penyewaan alat. Untuk tarif parkir juga dipatok Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Sekian informasi seputar destinasi wisata negeri atas awan di Gunung Kidul,semoga bermanfaat untuk para pembaca dimanapun kalian berada.Apabila ada yang kurang bisa ditambahkan di kolom komentar.

Baca selengkapnya : "Rekomendasi Wisata Kebun Teh Sukawana di Lembang"


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts