Apa itu Dopamin Detox dan Tata Cara Melakukannya - Apakah ketika kita sedang beraktivitas lantas kemudian di sela-sela kegiatan waktu merasakan kebosanan, lelah, atau malah berujung stress dan kemudian seketika kita membuka smartphone dan menikmati konten video-video di platform Youtube, atau melakukan scrolling Instagram, memainkn game ataupun membuka aplikasi lain yang seketika pada saat itu dapat membuat kita secara cepat merasa refresh dan senang hanya dalam sekejap waktu ?

Apakah ketika kita sedang bersantai rebahan sembari membuka layar smartphone misalnya bermain sosial media instagram lalu kemudian menutup aplikasi tersebut kemudian secara gerakan reflex otomatis jari kita membuka kembali instagram, padahal kenyataannya baru saja kita mengakses aplikasi tersebut.

Apakah akhir-akhir ini kita merasakan kehilangan fungsi esensi kesenangan dan kebahagiaan yang sesungguhnya dikarenakan pada era sekarang ini untuk meraih kebahagiaan dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan praktis dalam waktu yang relatif singkat?

Betul sekali, Dopamine Detox adalah suatu terapi untuk mengurangi kadar dopamin atau toxic-toxic yang berada di dalam otak kita.

Ya betul sekali, beberapa waktu lalu ada teman yang pernah membuat sebuah Challenge di Group Club Baca Quora untuk melakukan dalam kurun waktu 1 hari saja tidak menggunakan alat-alat elektronik seperti smartphone, laptop, game console dan lain sebagainya,pada intinya semua hal yang membuat kita kecanduan (adiktif) akan hal tersebut. Yang aku ketahui di lapangan, ada beberapa member yang sudah berhasil melakukannya.

Dopamin Detox dan Tata Cara Melakukannya

Sehingga,saya merekomendasikan dalam kurun waktu 1 hari saja para pembaca ataupun kita semua dimanapun berada untuk melakukan kegiatan yang produktif seperti membaca buku, mencuci baju atau melakukan hobby lain, membersihkan kotoran debu dikamar, memancing, menulis di blog atau apa yang ingin kita rencanakan sebelumnya.

Saya pernah membaca sebuah buku saya tidak mengingat nama judul buku tersebut, bahwa sekitar  80% semua kegiatan yang kita lakukan merupakan dibawah kendali alam bawah sadar kita, seperti kita tiba-tiba bermain game,contoh lain seperti kita selalu membuka sosial media Instagram,Facebook,Twitter,Quora dan lain sebagainya. Yang tanpa disadari kita secara respon melakukannya secara berulang-ulang.

Sehingga setelah itu saya hanya ingin menambahkan sebuah program yang tertanam di alam bawah sadar masing-masing untuk melakukan kegiatan yang produktif, untuk menghilangkan kebiasaan toxic yang sudah kita lakukan. Hal ini dapat untuk menghindari kita semisal untuk berhenti membuka platform sosial media .Sehingga apabila dapat melakukan dalam kurun waktu 1 minggu 1 kali kita melakukan. Apabila sudah terbiasa kita dapat melakukan sebanyak mungkin. Dan apabila kita berhasil menanam program alam bawah sadar ini tanpa disadari kita tidak akan membuka apilikasi lain yang membuat kita membuang waktu yang seharusnya digunakan untuk hal produktif yang lebih bermanfaat.

Kita dapat mengoperasikan smartphone,laptop pada saat kita ingin tidur malam sebagai sebuah reward setelah melewati perhectic-an duniawi yang melelahkan atau dengan melakukan sebuah hiburan.

Saya dapat mengatakan sedemikian rupa hanya untuk kalian agar mengerti esensi tujuan kita hidup di dunia ini untuk melakukan apa, saya hanya berkeinginan para pembaca tidak hanya sekedar ikut-ikutan orang lain dan inner circle, saya hanya berkeinginan para pembaca yang membaca artikel ini agar menyadari akan pentingnya menjadi diri sendiri, supaya kita tidak selalu menjadi seorang followers (pengikut), saya hanya ingin membuka perspektif untuk para pembaca membuat sebuah jalan ninja sendiri.

Karena yang saya lihat di lingkungan sekitar banyak sekali orang yang haus akan sebuah pujian di dunia maya, melakukan tindakan bodoh dan anarkis, melakukan tindakan manipulasi diri sendiri hanya untuk sebuah pujian semata di dunia maya yang dimana bukan dunia realita sebenarnya.

 

Apa diantara kalian menginginkan  sebuah pujian dan sanjungan ? Apa kalian menginginkan dibangga-banggakan oleh semua orang? Ya, bukan menggunakan mulut saja dan pencitraan di dunia maya caranya ! Alangkah baiknya menunjukkan kualitas diri kita masing-masing, menunjukkan prestasi yang kita raih dan capai, menunjukkan bahwa diri kita pribadi yang berkualitas. Orang yang berkualitas tidak harus selalu eksis di dunia maya, sejatinya pada diri mereka berpikir tentang bagaimana memajukan spesies manusia homo sapiens dan bagaimana supaya anak dan cucu kita kedepan dapat menikmati kemajuan ilmu pengetahuan dan sains. Semoga para pembaca berhasil untuk tidak adiktif (kecanduan) dalam hal toxic yang dapat merusak citra diri kita dan generasi selanjutnya.

Baca Selengkapnya : "Apa itu Toxic Success Syndrome"

 


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts