Bermain Gitar Untuk Pemula

Cara Bermain Gitar Untuk Pemula dengan Mudah Gitar merupakan salah satu jenis instrumental alat musik yang banyak digemari oleh banyak kalangan generasi. Untuk kalangan penggemar genre musik tentu sudah mengetahui bahwa alat musik gitar mampu menghasilkan banyak genre musik yang unik dan berkualitas seperti genre pop, reggae, metal, jazz, rock, dangdut dan lain sebagainya. Karena masih dalam tahapan pemula kita mungkin pasti tertarik untuk belajar bermain gitar namun tidak mengetahui langkahnya. Nah untuk selanjutnya, kita dapat belajar cara bermain gitar dengan cepat dan mudah dengan menggunakan chord lagu termudah tentunya.

Belajar chord gitar sebenarnya mudah untuk dilakukan apabila kita mengetahui tehnik dan trik-trik dasar dalam bermain gitar yang baik dan benar. Apa saja komponen pada kunci dasar gitar? Dengan mengenal nama-nama chord dasar gitar beserta gambarnya merupakan tips-tips belajar dalam bermain gitar utama yang perlu kita lakukan. Kita dapat mencari banyak informasi dari situs-situs kunci gitar, buku belajar gitar dasar, tutorial video lengkap, atau dengan belajar dengan teman yang sudah ahli.

Alangkah baiknya memilih chord lagu-lagu yang mudah untuk kita praktekkan dalam rangka media pembelajaran. Setelah kita mulai dapat memahami dan mahir menggunakan setiap posisi chord gitar, barulah ke tahap selanjutnya kita perlahan perlahan menaikkan chord lagu yang lebih kompleks lagi.Jenis chord lagu apa saja yang dapat kita mainkan? Sebelum membahas ke artikel lebih lanjut, mari kita mencari tahu secara mendalam langkah-langkah dalam belajar bermain gitar yang mudah dibawah ini. Silahkan melakukan step by step penjelasan dibawah ini secara seksama.

1. Mempelajari chord dasar secara rutin

Sebelum mengambil sebuah langkah dasar untuk memetik senar gitar, sebaiknya mari kita mempelajari terlebih dahulu apa itu kunci dasar gitar. Pada umumnya gitar sendiri memiliki susunan 6 senar bisa kita lihat dari senar yang berada pada bagian paling bawah sampai dengan senar yang paling atas sendiri. Setelah itu, sebenarnya gitar dibagi menjadi dua kategori yang seringkali banyak dimainkan oleh banyak kalangan usia yang disebut dengan elektrik dan akustik.

Walaupun kedua kategori gitar hampir sama, akan tetapi pada sisi keduanya mempunyai perbedaan yang jelas misalnya pada bagian tuningnya. Sehingga, untuk kunci dasar pada gitar yang perlu kita ketahui di awal belajar adalah senar 1 akan menghasilkan nada dasar E, senar 2 menghasilkan nada dasar B, senar 3 menghasilkan nada dasar G, senar 4 menghasilkan nada dasar D, senar 5 menghasilkan nada dasar A, dan senar 6 menghasilkan nada dasar E.

2. Menentukan posisi gitar yang nyaman

Pengetahuan dasar dalam kunci dasar saja tidaklah cukup, penempatan posisi gitar ketika kita menggunakannya juga merupakan faktor yang sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini mencakup tentang bagaimana cara kita memegang dan bermain alat music gitar dengan memposisikan tubuh yang baik dan benar. Sebagai seorang yang masih berstatus pemula dalam bermain gitar, kita dapat memposisikan gitar dengan cara memangku lalu kemudian mendekatkan body gitar ke bagian dada dan perut.

3. Mempelajari cara menyetem senar gitar

Sudah mengetahui seluk beluk tentang kunci dasar dalam bermain gitar dan sudah menemukan posisi yang nyaman.Untuk selanjutnya yang perlu kita pelajari yakni cara dalam menyetem senar gitar supaya menghasilkan suara yang selaras.Apabila gitar kita tidak distem dengan semestinya maka dipastikan tidak akan mengeluarkan suara yang indah dan merdu ketika digunakan. Sehingga proses tunning ini penting untuk dilakukan untuk menghasilkan suara petikan gitar yang indah dan merdu. Kita dapat belajar tunning nada dengan menggunakan aplikasi Android  untuk mensetting gitar sendiri.

4. Mempelajari cara memetik gitar dengan perlahan

Pada langkah ini kita perlu menggunakan keseluruhan 5 jari kita untuk belajar memetik gitar. Untuk melakukannya dapat dimulai dengan memposisikan ibu jari diletakkan pada bagian senar yang paling atas yang berfungsi untuk memetik bagian senar bass 6, 5 atau juga nomer 4. Sedangkan untuk posisi jari telunjuk dilakukan pada bagian senar nomor 4, lantas jari tengah di bagian nomor 2, serta posisi jari manis kita berada di senar nomor 1. Alangkah baiknya dilakukan secara perlahan-lahan sampai kita dapat memetiknya dengan benar dan akurat.

5. Melatih memori otot tangan agar terbiasa

Tidak ada suatu pencapaian yang gemilang tanpa adanya usaha dan kerja keras. Kita dapat secara ahli dan mahir apabila diikuti dengan latihan secara terus menerus berkelanjutan. Hal demikian juga berlaku pada saat kita belajar bermain gitar dasar. Mungkin saja pada saat tahapan awal kita mencoba bermain gitar, biasanya syndrome jari jari kita akan merasakan sakit dan mengeras. Akan tetapi, hal demikian tidak akan menjadi suatu masalah yang cukup pelik lagi apabila kita sudah terbiasa.

6. Memilih satu lagu dengan chord gitar yang mudah dimainkan

Untuk, point yang satu ini sudah sempat disinggung di bagian awal sebagai langkah paktis untuk dapat cepat mahir dalam bermain gitar. Hal demikian juga bermanfaat agar kita tidak cepat bosan dan jenuh pada saat berlatih. Apabila kita sudah menguasai salah satu lagu yang mudah dimainkan, lantas untuk tahap selanjutnya kita akan lebih mudah untuk memahami bagian setiap kunci atau chord lagu dalam bermain gitar.

7. Mempelajari suatu bentuk melodi

Sebagaimana yang telah kita ketahui dalam mempelajari suatu bentuk melodi bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan. Bisa dibilang bahwa pada tahapan ini sangat sulit untuk dilakukan. Kunci utamanya yakni proses yang terpenting untuk belajar melodi adalah skill, feeling serta improvisasi dalam hal mengkorelasikan not demi not nya. Dengan menerapkan cara demikian kita dapat menciptakan suatu harmoni yang indah dan merdu.

8. Berlatih secara rutin dan berkelanjutan

Setelah menyelesaikan semua tahapan diatas , jangan hanya untuk melakukan satu dua kali saja. Apabila kita berkeinginan cepat dan mahir dalam bermain gitar, cobalah kita untuk secara rutin berlatih tidak perlu setiap hari.Pada kenyataannya seseorang yang sekalipun berbakat harus terus mengasah kemampuannya agar dapat berkembang. Dengan terus berlatih secar rutin dan berkelanjutan kita akan terhindar dari kemungkinan lupa dan lalai dari pelajaran dan materi sebelumnya.

Hanya dengan bermodalkan Smartphone Android, kita dapat belajar untuk bermain gitar dengan mudah dan berhasil. Kita dapat belajar kapan saja dan dimana saja menggunakan chord lagu yang mudah. Harus menunggu apalagi? Segera ekspresikan genre gaya musik kita dengan menyanyikan lagu favorit kita dengan diiringi sebuah alat musik gitar yang keren. Semoga bermanfaat untuk para pembaca dimanapun kalian berada.


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts