Akun Google Di Laptop

Sebelum kita masuk ke dalam tutorial tentang bagaimana cara membuat akun Google, penulis akan memberikan sedikit penjelasan singkat tentang apa itu akun Google.

Menurut halaman bantuan dari Google, pada sebenarnya akun Google berfungsi sebagai master info masuk ke dalam Google yang terdiri atas atribut alamat email dan sandi tunggal.

Mengapa disebut sebagai jalur master info masuk?

Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa Google merupakan perusahaan multinasional yang bergerak dalam bidang penyedia jasa dan produk internet yang memiliki bermacam-macam kategori produk, contoh diantaranya Gmail, Blogger, YouTube, Google Adsense, Google Play Store dan berbagai produk lainnya. Supaya dapat memiliki sebuah akun pada masing-masing produk tersebut, kita sebagai pengguna diharuskan untuk mendaftar dan memiliki akun Google terlebih dahulu. Yang nantinya data alamat Email dan Sandi yang dibuat pada saat pendaftaran pada akun Google tersebut dapat digunakan untuk Sign In dan mengakses kesemua produk milik Google. Yang artinya cukup dengan menggunakan satu alamat email dan satu sandi saja, sudah dapat digunakan untuk mengakses semua produk milik Google, hal inilah yang dimaksud dengan jalur master info masuk.

Lantas bagaimana cara membuat akun Google?

Berikut dibawah ini merupakan langkah-langkah cara dalam membuat akun Google melalui perangkat laptop, netbook, komputer ataupun PC beserta gambar dan keterangannya.

1. Mengklik tautan link berikut ini: Daftar Akun Google

2. Berikut dibawah ini merupakan screenshot ataupun gambar pada halaman pendaftaran akun Google.

Akun Google Di Laptop

3. Mengisi Nama Depan dan Nama Belakang kita pada kotak isian yang telah disediakan. Saya menggunakan nama alamin sebagai contoh.

Akun Google Di Laptop

4. Memasukkan nama pengguna. Saya menggunakan nama pengguna alamin  sebagai contohnya. Untuk lebih lengkapnya Nama Pengguna saya berarti alamin@gmail.com Nama pengguna ini yang nantinya kedepannya otomatis menjadi alamat email saya. Sebagai catatan untuk mengingat Nama Pengguna/ alamat emailmu dengan baik dan benar, kalau perlu dicatat supaya tidak lalai sebab Nama Pengguna/ alamat email ini yang nantinya dibutuhkan untuk Sign In mengakses ke semua produk Google.

Akun Google Di Laptop

Catatan: 

Apabila nanti muncul sebuah keterangan notifikasi berupa tulisan berwarna merah bisa dipastikan hal itu tandanya terdapat kesalahan pada saat pengisian (entry) atau Nama Pengguna sudah ada yang menggunakan sebelumnya,alangkah baiknya silahkan unutk mengganti dengan nama yang lain ataupun menambahkan atribut angka dibelakang Nama Pengguna.

5. Pada bagian kotak isian Buat Sandi, kita ketikkan sebuah kata sandi minimal sejumlah 8 karakter. Pada contoh dibawah ini penulis membuat sebuah Sandi sebanyak 12 karakter. Pada data sandi bisa berupa angka, huruf, tanda baca ataupun gabungan dari ketiganya. Demi menjaga sisi keamanan,sebaiknya kita jangan menggunakan tanggal lahir sebagai Kata Sandi (Password).Sama persis seperti alamat email, Kata Sandi inipun akan dibutuhkan pada saat nantinya kita melakukan proses Sign In.

Akun Google Di Laptop

6. Pada kotak pengisian lanjut mengkonfirmasi Sandi kita, lantas kemudian memasukkan Sandi yang sama persis seperti Sandi yang kita buat pada langkah Nomor 5.

Akun Google Di Laptop

7. Memasukkan angka tahun lahir kita, klik/pilih Bulan Lahir masing-masing dan masukkan Tanggal Lahir. Sebagai contoh saja, saya memasukkan Tahun Lahir 1992 Bulan Februari dan Tanggal 16.

Akun Google Di Laptop

8. Selanjutnya pada pilihan Gender, pilih jenis kelamin. Contohnya saja Pria.

Akun Google Di Laptop


9. Memasukkan nomor smartphone/ponsel masing-masing. Nomor smartphone yang kita masukkan harus menggunakan nomor smartphone yang masih aktif. Contoh misalnya, saya memasukkan nomor ponsel 08599009909.

Akun Goolge Di Laptop

Catatan:

Angka Nol pada awal nomor smartphone tidak perlu untuk dimasukkan. Langsung saja mengetikkan 8 dan seterusnya.

10. Pada kotak isian (entry) Alamat Email pada saat Ini boleh kita kosongkan saja datanya.

Akun Google Di Laptop

 

11. Memilih Lokasi Negara Indonesia.

12. Apabila tidak menemukan kesalahan dan semua data telah terisi dengan benar dan lengkap klik tombol Langkah Berikutnya.

Akun Google Di Laptop


13. Berikut ini merupakan halaman Privasi dan Persyaratan Akun. Pada bagian halaman ini biasanya berisi tentang syarat dan ketentuan yang berlaku bagi para pengguna akun Google. Kita geser ke bagian bawah untuk membaca selengkapnya.

Akun Google Di Laptop

14. Untuk selanjutnya pada bagian bawah halaman Privasi dan Persyaratan kita klik tombol Saya Setuju.

Akun Google Di Laptop

15. Apabila muncul sebuah halaman tampilan seperti pada gambar dibawah ini, yang berarti tandanya Google meminta kita melakukan tahapan verifikasi.Kemudian memasukkan saja nomor hp yang sama seperti nomor hp yang kita masukkan pada langkah 9. Lalu kemudian pilih/klik metode verifikasi Text message (SMS) dan mengklik tombol Continue.

Akun Google Di Laptop

Namun akan tetapi apabila tidak muncul sebuah tampilan seperti gambar dibawah ini, maka kita lewati tahapan ini dan langsung saja mengikuti tahapan yang ke 18.

16. Menunggu waktu beberapa saat hingga kita menerima sebuah SMS dari pihak Google. Dan biasanya muncul kode verifikasi berupa 6 digit angka.

17. Memasukkan nomor kode verifikasi yang telah dikirimkan oleh pihak Google dan mengklik tombol Continue



18. Sampai pada tahapan ini Akun Google kita sudah berhasil. Klik/pilih saja tombol Continue.

Akun Google Di Laptop

19. Pada sekarang ini akun Google kita sudah dapat digunakan dengan maksimal.

Akun Google Di Laptop

Begitulah langkah-langkah cara pembuatan akun Google melaui perangkat laptop, netbook, komputer ataupun PC. Nama Pengguna (alamat email) dan Sandi akun Google yang sudah kita buat sebelumnya dapat juga digunakan untuk masuk ke dalam Sign In ke Gmail, Youtube, Google Plus, Google Play Store serta produk Google lainnya. Semoga bermanfaat untuk para pembaca dimanapun kalian berada.

 


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts