Zoom Unlimited

Cara Membuat Zoom Unlimited - Hal ini akan sangat berguna sekali untuk para tenaga pendidik ataupun kalangan siswa dan mahasiswa yang terkendala belajar via daring, semoga dengan adanya artikel ini dapat menjawab pertanyaan kalian terkait aplikasi video conference bernama “zoom”.

Pada tahapan dan kesempatan kali ini kita akan menggunakan fitur Recurring bawaan aplikasi yang dimiliki oleh Zoom dan ternyata terbukti dengan menggunakan cara ini dinilai legal (resmi) serta tidak melanggar peraturan yang dibuat oleh pihak Zoom.

Berikut dibawah ini cara yang dapat kita lakukan secara step by step :

 

  • Langkah 1 - Masuk  ke dalam aplikasi Zoom, kita dapat menggunakan aplikasinya atau dapat diakses via portal website resmi Zoom. Silahkan untuk langsung memilih Sign-in/Login.
  • Langkah 2 – Apabila kita sudah berhasil masuk pada akun aplikasi Zoom masing-masing, selanjutnya untuk langsung saja kita membuat sesi meeting dengan memilih pada bagian fitur menu Schedule atau istilah lainnya yaitu Jadwalkan. Lantas kemudian menunggu sampai tampilan baru terbuka dijendela layar masing-masing.   Zoom Unlimited
  • Langkah 3 – Pada bagian ini kita harus mengatur jadwal rapat kita seperti biasa, bedanya nanti kita harus mengaktifkan mode fitur Recurring. Hal Ini wajib dilakukan agar kita dapat mengakses Zoom lebih dari kurun waktu 40 menit.

Perhatikan pada gambar di bawah ini apabila bingung, memastikan sama persis agar tidak ada kendala yang mengganggu.

 

Zoom Unlimited

Keterangan Pada Gambar :

  1. Topik - Kita dapat mengisi nama dan judul rapat, kapan waktu rapat dilaksanakan, dan berapa lama durasi rapat. Yang perlu diperhatikan jangan lupa untuk mengubah terlebih dahulu Time Zone ke kota Jakarta (GMT +7) dan berikan action centang pada kotak Recurring. (Sebaiknya mengabaikan pesan notifikasi yang muncul dari aplikasi Zoom - yang berwarna orange muda )
  2. Meeting ID – Pada bagian ini kita dapat mengatur data ID yang akan digunakan ketika masuk ke dalam sesi rapat, kita dapat memilih auto atau membuat ID sendiri. Saran dari penulis sebaiknya membuat ID sendiri agar kita dapat mengatur password rapat seunik dan menarik mungkin.
  3. Video - Mengaktifkan host apabila kita menginginkan sesi rapat dimoderatori oleh seorang host. Alangkah baiknya untuk memastikan centang pada bagian partisipan ON.
  4. Calendar – Pilih bagian dimana kita akan menandai rapat pada bagian kalender, pada bagian disini saya biasanya menggunakan layanan dari Google dan  akhirnya saya memilih dengan menggunakan Google Calendar.
  • Langkah 4 - Kita juga dapat membuka fitur Advanced Options untuk mensetting  lebih lengkapnya, saya disini biasanya dapat mengaktifkan Mute participan upon entry. Untuk saya pada bagian ini penting agar ketika partisipan rapat masuk secara otomatis akan melakukan proses mute terlebih dahulu dan rapat akan lebih cepat untuk dikondisikan.
Zoom Unlimited

  • Langkah 5 – Klik/pilih Simpan dan kita nanti akan diarahkan ke dalam akun Google Calendar milik kita. Pilih email yang ingin kita  gunakan dan klik/pilih Izinkan
  • Langkah 6 -  Apabila sudah masuk bagian Google calendar, di bagian situ kita dapat menemukan sebuah undangan rapat, langkah selanjutnya menyalin saja undangan itu dan sharing ke peserta rapat kita. Apabila sudah sebaiknya untuk memastikan untuk menekan tombol Simpan Jadwal.
Zoom Unlimited


Setelah semuanya selesai,nah begitulah langkah yang secara detail dan terperinci untuk membuat rapat di ZOOM lebih dari 40 menit secara gratisKita mungkin akan sulit sekali untuk menemukan artikel sedetail ini selain di blog ini, dan biasanya yang di halaman pertama hanya artikel yang dibuat secara asal-asalan namun disuntik sesuatu hal supaya makin naik rating .

Apabila, diantara kalian orang yang beruntung sekali apabila menemukan artikel sedetail ini. Sekian informasi yang penulis berikan. Terimakasih sudah membaca, semoga permasalahan terkait limitasi durasi waktu sudah selesai mulai saat ini. Semoga konten ini bermanfaat untuk para pembaca dimanapun kalian berada.


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts