Cara Mudah Meningkatkan Kualitas Suara pada Windows 10 - Layanan teknologi Streaming Musik pada era saat ini sudah menjadi layanan hiburan cukup populer. Namun pada kenyataannya kita tidak akan mendapatkan user experience sebuah pengalaman audio yang luar biasa tanpa adanya dukungan perangkat Audio yang berkualitas tentunya. Lalu kemudian Bagaimana jika output audio yang kita gunakan ternyata audio pada perangkat Laptop dengan Sistem Operasi Windows 10? Apakah dapat menghasilkan output suara yang bagus dan berkualitas?

Windows 10

Apakah pada hakekatnya dapat ditingkatkan dari segi kualitas suaranya ? Kabar baiknya, ternyata terdapat beberapa pilihan yang dapat kalian lakukan secara praktis dan efisien.

Bagaimana cara meningkatkan kualitas output suara pada Laptop bersistem operasi Windows 10?

Menjadi fakta ternyata Windows 10 menjadi Operating System yang paling diminati semua kalangan orang diseluruh penjuru dunia pada zaman sekarang ini, karena memang semua fitur yang ditawarkan dan kemudahannya dapat kita temukan didalamnya secara lengkap. Termasuk lingkup aspek  Audio, pada Windows 10 memberikan kita sebuah akses ke beberapa pilihan yang dapat digunakan untuk meningkatkan performa kinerja audio menjadi lebih baik kedepannya.

Meningkatkan Kualitas Audio pada Sistem Windows 10

Pengaturan pada audio dasar yang dapat diatur sedemikian hingga dengan mudah diatur ialah Loudness Equalisation. Apabila kita mengaktifkan konfigurasi ini maka tingkat suara dapat meningkat signifikan menjadi 150 persen. Meskipun begitu peningkatan kualitas suara melebihi persentase 100 persen setelah saya kaji malah menjadi tidak efektif dan efisien, karena pada hakekatnya mesti bergantung pada kualitas komponen hardware juga, apakah memang mendukung secara normal atau tidak.


Bagaimana cara untuk melakukannya ?Mari kita simak deskripsi dibawah ini secara lengkap:


Langkah 1: Klik kanan pada logo Speaker di bagian Taskbar,kita pilih Sound.

Langkah 2: Double klik pada bagian icon Speaker aktif.


Langkah 3: Masuk ke dalam menu Enhancements.


Langkah 4: Mencentang Loudness Equalization dan selanjutntya Apply.

Windows 10

Setiap perangkat computer terkadang memiliki fitur tersendiri di bagian pengaturan Soundnya, namun pada faktanya setiap perangkat Laptop memiliki hardware dan driver yang berbeda-beda walau masih dalam 1 jenis merk.

Acer TrueHarmony - karena dalam percobaan ini menggunakan laptop merek Acer didalamnya biasanya ditanamkan sebuah fitur yang bernama Acer TrueHarmony yang menawarkan sebuah kualitas suara yang lebih nyata (real) pada saat digunakan. Keberadaan fitur ini sudah terpampang secara jelas pada sticker laptop bersamaan dengan informasi spesifikasinya.

Virtual Surround - Apabila kita menggunakan perangkat Headset, Headphone ataupun Speaker Stereo alangkah baiknya kita mengaktifkan fitur ini, karena dampaknya akan terlihat secara jelas dan detail.Untuk seorang gamer keberadaan fitur ini sangat berguna karena pada Windows 10 akan meningkatkan kualitas suara menjadi surround, sehingga sound stage terasa sangat luas pada saat memainkan game.

Bass Boost - Bass berada pada frekuensi tingkat rendah, hingga seharusnya efek suara output yang dihasilkan pada Laptop terdengar dengan jelas perbedaannya setelah kita melakukan peningkatan. Kita dapat mengatur hal ini sesuai dengan keinginan kita masing-masing, seberapa besar tingkat bass yang bagus menurut telinga masing-masing.

Mengatur output Audio menjadi Format 24-bit

Untuk perangkat laptop sekarang rata-rata memang sudah mendukung jenis audio hingga sampai 24 bit48000 Hz (Studio Quality).Sudah banyak sekali yang kita ketahui mengenai audio 24 bit yang merupakan kualitas sumber audio yang setara dengan kualitas studio, dilapangan banyak sekali web/aplikasi yang sudah support 24 bit diantaranya yakni QobuzTidal, dll. Walaupun jika digunakan menggunakan perantara Speaker Bawaan pada Laptop 24bit dan 16bit tidak terlalu berbeda dalam segi kualitasnya, namun pada saat kita menggunakan sebuah headset yang bagus akan tampak jelas perbedaanya.

Bagaimana cara untuk melakukannya? Simak langkah demi langkah tata cara dibawah ini:

Langkah 1: Mengklik kanan pada logo Speaker pada bagian Taskbar, pilih Sound.

Langkah 2: Double klik pada Speaker aktif.


Langkah 3: Masuk ke dalam menu Advanced.


Langkah 4: Mengatur sehingga poisisi yang aktif ialah 24 bit, 48000 Hz (Studio Quality) dan kita Apply.

Windows 10

Sebelum kita mengapply, kita dapat mengetest terlebih dahulu seperti apa bentuk output suara 24 bit itu.

Mengaktifkan Dolby ATMOS for Headphones

Hal ini juga dapat menjadi sebuah pilihan lain selain melakukan langkah alternatif dengan 2 cara diatas guna meningkatkan kualitas audio pada laptop Windows 10. Fungsi dan Fitur ini akan tersedia setelah laptop yang sudah terupdate atau menggunakan Windows 10 Creator Update pada tahun 2018.


Fitur demikian tidak memberikan persyaratan khusus apapun perihal bab jenis hardware speaker yang kita miliki, karena pada dasarnya dia bekerja dengan processor sinyal digital sehingga dapat memberikan sebuah akses untuk dapat meningkatkan kualitas output pada audio.


Bagaimana cara untuk melakukannya? Sebaiknya untuk menyimak tutorial dibawah ini:

Windows 10


Langkah 1: Mengklik kanan pada logo Speaker pada bagian Taskbar,kita pilih Sound.

Langkah 2: Double klik pada Speaker aktif.

Langkah 3: Masuk kedalam menu Spatial sound

Langkah 4: Mengatur sehingga fitu yang aktif ialah Windows Sonic for Headphones dan kita Apply.

Kita juga dapat menambahkan beberapa pilihan fitur selain Windows Sonic, yaitu DTS :X namun keberadaan fitur ini tersedia di platform Microsoft Store namun pada kenyataannya, keberadaan fitur tersebut berbayar!.Apabila kita sewaktu pertama kali menggunakan DTS :X kita akan diberikan sebuah paket uji coba alias trial untuk mencoba selama beberapa waktu sebelum kita membayar secara penuh.

Mengatur Konfigurasi Equaliser pada Music Player yang Digunakan

Ternyata panca indra telinga kita masih belum merasakan kualitas sensasi perbedaan suaranya? sebenarnya dalam aspek kualitas suara menurut saya itu sebuah penilaian yang cukup relatif , tidak ada sebuah musik yang benar-benar sempurna bentuknya , semuanya bergantung dari sumber dari audio dan kualitas hardware yang mumpuni.

Beberapa dari kita ada yang menyukai komposisi dengan Bass tinggi (Basshead), Suara vokal yang detail atau mungkin Treble yang Melengking.Pada saat sebuah lagu dengan basic bass yang tinggi diputar yang tentunya seorang basshead akan merasa kan kepuasan dan rasa bangga tersendiri, namun beberapa individu yang menyukai vokal dan treble kurang menyukai aspek tersebut.

Setiap pemutar Music Player yang bagus dipastikan memiliki sebuah Equalizer yang dapat diatur dengan baik Kustom ataupun menggunakan profil tertentu. Sebagai contoh permisalan Music Player Bawaan pada Windows 10 yaitu platform Groove Music, Groove music dapat dikatakan dengan kualitas yang lumayan bagus, namun para pengguna wajib memiliki sebuah file musik mp3, flac, dsd, mp4a dll untuk memutarnya, karena pada platform Groove mengandalkan file bersumber offline bukan online.

            Windows 10

Pada Groove Music saya rasa juga sudah cukup sekali, bahkan pada aplikasi support dengan ekstensi File musik Hi-fi / Hi-res dengan ekstensi Flac Lossless. Didalam platform groove terdapat pengaturan setting Equalizer sederhana yang dapat kita ubah sesuai selera secara Custom ataupun menggunakan sebuah Profil Bawaan agar kualitas kejernihan suara membuat telinga terasa lebih nyaman.

Mengupdate Driver Sound Card secara Berkala

Untuk pilihan lain yang paling akhir karena semua langkah sudah dilakukan namun merasa tidak ada perubahan sama sekali yaitu dengan mengupdate file driver Sound Card. Sebaiknya untuk mengecek terlebih dahulu driver kita masing-masing apakah sudah dalam kondisi versi terbaru apakah belum.

Windows 10

Yang sering melakukan update biasanya pada driver Realtek Gigh Definition Audio, dapat dilakukan lewat fitur Device Manager. Dengan menggunakan versi yang terbaru setidaknya kita dapat menikmati kualitas suara yang stereo tanpa adanya kesalahan akibat driver yang sudah lama dan aus.

Untuk keberadaan driver sendiri biasanya akan terus melakukan pembaharuan sampai rentang interval beberapa tahun kedepan sejak perilisan laptop, dan kita dapat  menggunakan aplikasi dari pihak ketiga sehingga apabila terdapat update pembaharuan mengenai driver akan muncul notifikasi, contoh misalnya iobit Driver Booster.

Penutup

Sekian tentang semua informasi yang dapat saya berikan mengenai tata cara meningkatkan kualitas suara audio pada laptop yang menggunakan Sistem Operasi Windows 10. Saya sudah berusaha sebaik mungkin dalam mencari informasi dan mempraktekkannya untuk validasi pada artikel ini.

Saya prediksi tutorial dan trik yang saya berikan pada kesempatan kali ini dapat berguna untuk meningkatkan kualitas audio pada perangkat komputer menjadi yang terbaik, bagaimanapun juga kita itu sebenarnya seorang gamer ataukah malah murni pecinta musik bukan?.

 


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts