Rekomendasi Wisata Kebun Teh Sukawana di Lembang - Perjalanan ke destinasi spot wisata Kebun Teh Sukawana Lembang ini sebenarnya dilakukan secara tidak sengaja.Pada awalnya saya bersama teman-teman ingin berkunjung ke destinasi Curug Bugbrug, yang lokasinya berdekatan dengan Curug Cimahi. Namun ternyata malah ditutup, mungkin karena faktor bencana alam tanah longsor.Yang pada akhirnya kita memutuskan perjalanan ke destinasi obyek wisata Perkebunan Teh Sukawana saja,yang kebetulan memang belum pernah berkunjung ke tempat ini sebelumnya.

Ternyata eh ternyata, panorama keindahan Kebun Teh Sukawana di Parongpong Lembang ini melebihi ekspektasi di awal perjalanan.

Kebun Teh Sukawana

Pernah sesekali berkunjung ke Kebun Teh Rancabali di Ciwidey? Ternyata suasana asri dan indah bukan? Lantas di perkebunan Teh Sukawana ternyata juga tidak kalah menyuguhkan pemandangan yang indah ,asri dan rapi pula.

Kebun Teh Sukawana

Menurut informasi dari warga sekitar keberadaan Kebun Teh Sukawana sendiri yang berada di bawah manajemen PTPN VIII, termasuk dalam lingkup cakupan Kebun Bukit Unggul,di sekotr bagian Sukawana. Yang sebelumnya,pada area ini dikenal dengan istilah ‘pangheotan‘. Yang konon katanya, sebutan nama ini berasal dari nama seorang yang berkebangsaan Belanda yaitu Van Houten, lebih tepatnya seorang meneer Belanda yang memiliki perkebunan disini.

Pada saat sekarang ini, PTPN VIII lebih mengangkat dan mempopulerkan nama “Sukawana” untuk menyebut daerah perkebunan teh di destinasi obyek wisata ini.Di sini kita juga akan menemukan sebuah pabrik pengolahan teh.Yang katanya, hasil komoditas olahan teh dari tempat ini lebih diutamakan untuk export.

Kebun Teh Sukawana

Untuk area perkebunannya sendiri saya rasa tidak seluas perkebunan the yang berada di kota Bandung yang lainnya seperti rancabali, ciwalini, dan lain sebagainya. Walaupun demikian karena termasuk dalam kategori perkebunan teh yang masig aktif produksi, sehingga area kebun the disini otomatis masih terpelihara dan asri.

Dari bagian sini kita dapat menikmati panorama Gunung Burangrang dan Tangkuban Perahu yang seolah- olah tepat berada didepan mata kita. Di tempat ini  sangat cocok sekali menjadi tempat wisata alam alternatif di kota Bandung.

 

Alamat Lokasi –Kebun Teh Sukawana

Untuk alamat kebun teh Sukawana yang berada di Karyawangi, Parongpong. Lbih tepatnya lokasi destinasi kebun teh Sukawana ini jaraknya lumayan dekat dari kota Bandung. Apabila dari kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Ledeng, menuju ke lokasi jaraknya hanya sekitar kurang lebih 15 KM saja. Dan hanya saja di jarak 2-3 KM terakhir perjalanannya terasa jelek.Dan waktu diperjalanan akan lumayan memakan banyak waktu habis disini.

Kebun Teh Sukawana

Untuk patokan jalan menuju destinasi lokasi juga cukup jelas pada hakekatnya. Kita dapat menuju ke jalan utama ataupun jalan alternatif ke arah Parongpong. Apabila dari arah Lembang,sebaiknya arahkan kendaraan kita ke arah Parongpong. Dari arah pertigaan Lembang-Parongpong, dan kurang lebih berjarak 3 Km ,kita akan melihat Mesjid di bagian sebelah kanan. Lantas tidak jauh dari tempat tersebut terdapat pertigaan menuju ke arah Sukawana di sebelah kanan jalan.

Peta Kebun Teh Sukawana

Untuk lebih mudahnya,kita dapat melihat peta kebun teh Sukawana dari aplikasi Google Map di bawah ini secara seksama. Kita tinggal mengklik pada tanda lokasi tersebut, lalu kemudian menentukan rute perjalanan saja. Atau, dapat juga kita men-trace dan melihat jalannya dengan aplikasi Google Street. Dan ternyata sudah sampai ke lokasi dituju secara langsung di google streetnya, alhasil kita dapat sekaligus melihat kondisi citra jalannya.

       

Untuk point lokasinya saya setting ke SDN Tunas Karya, dikarenakan lokasi SD tersebut tidak berjauhan dengan area perkebunan utama. Untuk rute perjalanan sampai ke pertigaan daerah Sukawana di Parongpong terbilang cukup bagus dan mulus. Hanya saja rute pejanalan dari pertigaan sampai ke lokasi kurang lebih (3-4 KM) terbilang lumayan rusak.

Pada saat artikel ini dibuat sekitar 4 tahun yang lalu, untuk lokasi rute jalan masih relatif sama persis dengan yang berada di Google Street. Lumayan terjal bagaikan melakukan Off Road.

Sarana Transportasi

Saya tidak melihat adanya transportasi angkutan umum ke daerah ini. Hanya terdapat basecamp pangkalan ojek di arah pertigaan Parongpong dan di lokasi. Menurut prediksi saya tidak ada lalu lintas angkutan lain menuju ke daerah sini. Apabila tersedia sepertinya di jam-jam tertentu saja dapat kita temukan.

Untuk kondisi rute jalan lumayan cukup rusak, namun masih dapat dilalui kendaraan sepeda motor ataupun mobil yang lumayan tinggi. Saya sendiri menggunakan sepeda motor dikala itu, dan masih bisa sampai ke destinasi lokasi (lumayan memaksakan performa engine motor sedikit).

Tiket Retribusi Masuk ke dalam Kebun Teh Sukawana

Untuk Harga tiket retribusi masuk kedalam kebun teh Sukawana terbilang cukup murah. Saya berdua dengan menggunakan satu motor hanya membayar nominal uang sebesar Rp 5000 saja. Apabila berkeinginan Camping di destinasi obyek wisata ini,untuk nominal budget yang dikeluarkan sendiri sekitar Rp 10.000 / orang.

Dengan budget semikian hingga, kita diberikan kebebasan untuk mengitari setiap sudut area di perkebunan teh disini sampe puas.

Hal Yang Dapat Pengunjung Lakukan

Ada beberapa kegiatan yang dapat kita lakukan di lokasi perkebunan teh satu ini. Diantaranya sebagai berikut;

Mengunjungi Pabrik Produksi Pengolahan Teh

Pada bagian ini saya tidak melakukan sedemikian hingga. Namun dari beberapa sumber dari membaca beberapa blog di internet sepertinya dapat dilakukan. Untuk langkah selanjutnya kita dapat bertanya ke bagian Security yang bertugas sebagai  penjaga gerbang untuk sisi teknisnya.

Tea Walk

Silahkan kita mengunjungi tea walk.Dengan berjalan-jalan di area kebun teh sepuasnya dengan menyusuri setiap sudutnya. Rute jalan-jalan kecil yang berada di kebun teh dapat dengan mudah untuk dilalui. Jalan-jalan kecil ini juga membentuk sebuah pola relief yang indah dan mempesona, menyuguhkan ciri khas di kebun teh yang terpelihara dan terawat.

Kebun Teh Sukawana

Untuk area perkebunannya yang relatif kecil tidak membuat takut tersesat apabila berjalan-jalan di area sini. Untuk patokan-patokan areanya cukup jelas dan luas. Namun tetap berhati-hati apabila terjadi siklus kondensasi kabut turun.

Camping

Di tempat ini juga diberi kebebasan untuk melakukan camping. Sejauh selayang pandang yang saya lihat dan temui, tidak meyediakan area khusus untuk bercamping ria, namun kita dapat memilih area dimana saja untuk mendirikan sebuah tenda.

Untuk sekumpukan rombongan, terdapat beberapa lapangan skala kecil yang dapat digunakan. Untuk lebih meyakinkan dapat ditanyakan langsung ke bagian security saja .

Bersepeda

Apbila kita menyukai aktvitas bersepeda dengan medan track yang menantang dan mamacu adrenalin,seyogyanya di area sekitar kebun teh ini dapat menjadi pilihan yang terbaik.

Dengan panorama background hamparan teh yang hijau menyejukkan mata, medan daratan yang naik turun, serta destinasi lokasi yang cukup berdekatan dari pusat kota, tentunya bakal dapat memuaskan hasrat hobby bersepeda gunung kalian.

Sarana Yang Tersedia

Untuk yang satu ini. Pada spot area ini , saya tidak menemukan sarana khusus untuk mendukung keberlangsungan kegiatan wisata sepertinya. Hanya berupa sebatas sarana umum yang biasa.

Di obyek wisata ini juga terdapat beberapa warung untuk jajan, minum serta mengisi perut yang kosong. Sarana peribadatan seperti masjid juga tersedia pada area perumahan untuk pegawai perkebunan. Untuk sarana mck seperti toilet. Namun di lain sisi dapat secara tidak langsung menggunakan  toilet di tempat ibadah Masjid.

Di tempat ini juga tidak menyediakan jasa penyewaan peralatan akomodasi untuk camping dan sejenisnya. Jadi kita harus mempersiapkan peralatan sendiri dari jauh hari.

Untuk kegiatan menginap, bertepatan tidak jauh sebelum memasuki area kebun teh terdapat sebuah villa merah di Sukawana. Menurut informasi yang beredar di internet, keberadaan villa ini dapat disewa secara umum dan ada dibawah naungan manajemen pengelola PTPN.

Untuk teman-teman yang bekeinginan relaksasi menikmati hamparan hijaunya kebun teh, di area perkebunan teh Sukawana sangat saya rekomendasikan sekali suasananya. Keberadaan rusaknya jalan terbayar sudah dengan asrinya area perkebunan yang luas . Dan selain itu, untuk jaraknya juga terbilang berdekatan dengan  pusat kota.

Sekian informasi yang dapat penulis sampaikan pada artikel kali ini,semoga bermanfaat untuk para pembaca dimanapun kalian berada.

Baca selengkapnya : "5 Tempat Wisata Negeri di Atas Awan di Gunung Kidul"


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts