Aquscape

Cara Membuat Aquscape dengan Mudah untuk Pemula - Menghadirkan sebuah akuarium yang berisikan ikan-ikan hias dapat menjadikan dekorasi yang aesthetic untuk rumah kita. Apalagi jika keberadaan akuarium di rumah kita dibuat dengan konsep bertemakan aquascape yang secara khusus dibuat seperti layaknya habitat ekosistem asli ikan di dalam lautan. Dengan mengusung konsep demikian, bisa dipastikan suasana di dalam ruangan akan terasa lebih asri,alami dan hidup.

Dalam pembuatan konsep aquascape untuk mendekorasi ruangan milik kita ternyata bukan hal yang terlalu sulit. Untuk cara pembuatan aquascape bisa dikategorikan terbilang cukup mudah dan dapat dilakukan oleh semua kalangan tanpa terkecuali, termasuk untuk kita yang masih pada tahapan pemula di bidang ini. Pada sebenarnya kita dapat membuat aquscape dengan modal budget yang tidak terlalu banyak.

Untuk selanjutnya, untuk kita yang cukup tertarik, berikut dibawah ini saya akan membagikan langkah demi langkah cara pembuatan aquascape yang dapat kita ikuti di rumah masing-masing. Dengan harapan dalam mengikuti cara pembuatan aquascape ini, kita dapat menghadirkan suasana asri dan natural dengan konsep “bercocok tanam” di dalam tank akuarium milik kita. Mari, langsung saja kita mengikuti step by step di bawah ini dengan seksama !


1.     1. Mengumpulkan Bahan-Bahan yang Diperlukan

Aquscape

Tahapan pertama dalam cara pembuatan aquascape pada sebenarnya dengan mencatat list apa saja yang kita perlukan untuk membuatnya. Untuk bahan-bahan dasar yang perlu kita butuhkan untuk melakukan cara pembuatan aquascape ini adalah terdiri dari aquarium, pupuk, pasir, batuan, tanaman air, pompa, saringan, dan lampu.

Banyak sekali kasus dilapangan yang terjadi tentang orang yang mengurungkan niatnya untuk mengikuti cara pembuatan aquascape dikarenakan enggan  mengeluarkan biaya budget yang terbilang cukup banyak.Pada kenyataanya kita, jangan sampai khawatir karena kita dapat mendapatkan sebuah harga aquarium yang berukuran level sedang dengan kisaran budget/biaya d bawah nominal Rp 500.000. Kita bahkan dapat menggunakan aquarium bekas sebagai media penampungan aquascape. Untuk daftar harga bahan-bahan lainnya akan dibanderol dengan harga yang lumayan terjangkau.

 

2.     2. Mengatur Bagian Dasar Aquarium

Aquscape

Untuk langkah selanjutnya yakni dalam cara pembuatan aquascape adalah dengan mengatur bagian dasar aquarium. Dengan menaburi dasar akuarium dengan sebuah pasir yang sudah disiapkan sebelumnya. Untuk jenis pasir yang direkomendasikan, sebaiknya kita memilih media pasir yang berjenis silika. Biasanya untuk harga pasir silika yang dijual dengan kisaran rentang harga sekitar Rp 10.000 per kilogram.

Lantas hal idealnya dalam susunan langkah kedua cara pembuatan aquascape ini, ukuran ketebalan pasir yang ditaburkan ke bagian permukaan aquarium kurang lebih sekitar dua sampai tiga centimeter saja,sedangkan untuk bagian pinggiran aquarium lebih baik memiliki landasan pasir yang memiliki ketebalan yang cukup. Untuk sementara itu, pada bagian tengah permukaan aquarium sebaiknya diisi dengan pasir dibuat dalam posisi melekuk.

 

3.     3. Menaburkan Sebuah Pupuk

Aquscape

Setelah susunan pasir tertata dengan baik dan rapi didasar aquarium, kita dapat langsung menuju ke tahapan ketiga dalam cara pembuatan aquascape ini, yakni dengan menaburkan media pupuk ke dalam aquscape. Menaburkan pupuk pada bagian tengah aquarium yang memiliki landasan pasir lebih tipis.

Penaburan posisi pupuk ini terbilang sangat penting dalam cara pembuatan aquascape agar tanaman-tanaman yang nantinya dicocok tanamkan agar dapat hidup dan bertumbuh dengan subur dan alami. Untuk harga pupuk sendiri mengikuti cara pembuatan aquascape sendiri yang tidak terlalu mahal. Kita dapat memperoleh satu kantong pupuk yang berukuran cukup besar dengan kisaran harga Rp100.000 yang dapat kita gunakan berulang kali.

 

4.    4. Menghiasi Aquarium dengan Beranekaragam Bebatuan

Aquscape

Pada tahapan inilah, tentang bagaimana cara pembuatan aquascape yang sebenarnya baru akan dimulai. Kita dapat memulai menghias dan mendekorasi aquarium masing-masing agar terlihat lebih indah dan natural. Dekorasi utama yang dapat kita susun dalam cara pembuatan aquascape ini adalah berbagai jenis unsur bebatuan.

Untuk berjaga-jaga, sebaiknya membeli sekitar berjumlah dua kantong batu halus untuk menghiasi aquarium yang kita miliki. Untuk mendekorasi ini, kita hanya perlu mengeluarkan sejumlah budget sekitar di bawah Rp 50.000 saja.

5.    5. Memulai untuk Bercocok Tanam

Aquscape

Pada tahapan ini saatnya kita memasuki bagian inti dari semua dekorasi tentang bagaimana cara pembuatan aquascape. Pada tahapan ini, kita akan memulai untuk bercocok tanam dengan menaruh berbagai macam jenis tanaman-tanaman untuk aquarium yang kita miliki. Ketika kita hendak menanam, sebaiknya untuk mengisi seperempat volume aquarium dengan air terlebih dahulu. Dan setelah itu, barulah kita memulai menanam tumbuhan yang sudah kita persiapkan. Pada saat mengisi media air, pastikan kita melakukannya dengan perlahan-lahan, ya supaya tidak merusak dekorasi hiasan yang sudah dibuat sebelumnya.

Untuk cara pembuatan aqascape yang satu ini, kita juga perlu untuk memperhatikan jenis tanaman hias yang cocok dan serasi untuk aquascape karena tidak semua jenis spesies tanaman cocok dapat ditanam pada media aquascape. Beberapa jenis tanaman yang cocok untuk ditanam dalam media aquascape adalah Spatterdock, Valisneria, Cabomba, Tiger Nymphea Lotus Tenelus atau disebut juga rumput air, Echinodorus, dan Wendtii. Untuk kisaran harga pada tanaman-tanaman tersebut per satuannya tidak sampai menyentuh harga Rp15.000.

6.    Memasang Peralatan Penunjang Lainnya

Aquscape

Ketika beberapa varian tanaman sudah ditanam dalam aquscape, bukan berarti cara pembuatan aquascape sudah selesai seutuhnya. Lantas pada bagian penting lainnya dalam cara pembuatan aquascape adalah dengan memastikan kelangsungan siklus hidup ikan dan juga berbagai tanaman hias tersebut. Untuk kedepannya kita perlu memasang peralatan penunjang yaitu berupa pompa, filter (saringan), sampai pada lampu supaya sirkulasi udara dan intensitas cahaya masuk yang dibutuhkan ikan dan tanaman dapat terpenuhi secara optimal.

Namun yang perlu menjadi perhatian, sebelum kita memasang semua peralatan penunjang tersebut,sebaiknya memastikan pada aquarium sudah penuh dengan air. Selain itu jangan sampai lupa untuk menyisakan sekitar 5-10 cm bagian atas pada bagian sudut aquarium yang terbebas dari sentuhan air. Dan barulah setelah memasuki tahap itu kita dapat menaruh mesin pompa, filter (saringan), dan lampu pada bagian atas aquarium.

7.    Memasukkan Ikan Hias ke dalam Media Aquascape

Aquscap

Cara pembuatan aquascape memang lebih berfokus pada akivitas bercocok tanam di dalam media aquarium. Namun, rasanya tidak akan lengkap apabila aquarium yang cantik dan estetik tersebut tidak dihiasi dengan keberadaan ikan-ikan kecil yang cantik dan mungil. Setelah kita mengikuti sejumlah dalam cara pembuatan aquascape pada pemaparan artikel di atas, selanjutnya kita dapat memasukkan beberapa jenis ikan hias ke dalamnya aquscape. Sekedar rekomenasi saja untuk jenis ikan hias yang cocok dan serasi untuk melengkapi tentang bagaimana cara pembuatan aquascape ini diantaranya adalah jenis ikan komet,ikan manfish,ikan tetra dan lain sebagainya.

8.      8. Memberi Pupuk Secara Rutin

Aquscape

      Sekarang aquascape yang kita miliki  sudah selesai dikarenakan tanaman dan ikan hias sudah berada didalam aquarium. Namun akan tetapi, bukan berarti cara pembuatan aquascape berhenti sampai pada tahapan ini. Untuk kedepannya kita juga perlu melakukan perawatan “water clean” secara rutin untuk memastikan ikan dan tanaman-tanaman di dalam media aquascape dapat hidup dan tumbuh dengan baik dan optimal.

Setidaknya, kita perlu memberikan sebuah pupuk pada aquascape yang kita miliki setiap kurun waktu tiga hari sekali supaya keberadaan tanaman hias yang sudah ditanam memperoleh sejumlah asupan nutrisi yang dibutuhkan. Dengan metode perawatan ini, kita akan dapat mendapatkan hasil dekorasi aquascape yang indah serta menawan di dalam rumah kita.

Kesimpulan :

Bagaimana,dalam proses cara pembuatan aquascape ternyata tidak sesulit yang dibayangkan para pembaca, bukan? Dengan cara pembuatan aquascape yang tepat, kita dapat memperoleh dekorasi aquscape yang cantik dan menarik untuk ruangan rumah kita. Untuk biaya dalam cara pembuatan aquascape sendiri pun ternyata tidak menguras isi dompet apabila dilakukan dengan secara benar. Sekian informasi yang dapat penulis sampaikan , dan selamat mengikuti step by step cara pada artikel diatas!


1 comment:

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts