Google Form

Pada saat ini penggunaan  aplikasi Google Form menjadi salah satu langkah alternatif yang banyak digunakan di berbagai kalangan usia. Dikarenakan pada masa fase pandemi ini, tidak mengherankan apabila banyak sekali bermacam-macam kegiatan yang terpaksa harus dilakukan dari rumah.

Jika pada hari biasanya seorang karyawan harus bekerja dari lokasi kantor, maka pada saat ini banyak sekali yang mulai bekerja dari rumah atau istilah lainnya Work From Home untuk mencegah terjadinya penularan virus Covid-19 yang lebih meluas lagi.

Hal demikian tidak terbatas pada berbagai macam kegiatan lainnya seperti sekolah, kuliah (kampus) ,kegiatan non formal (organisasi), dan lain sebaginya. Lantas, keberadaan aplikasi Google Form sendiri biasanya banyak digunakan untuk berbagai macam keperluan dan kebutuhan dikarenakan pengoperasian platform ini terbilang cukup fleksibel.

Contohnya saja yaitu peninjauan kantor ataupun ulangan sekolah,lantas dengan hadirnya Google Form ini dapat digunakan untuk menjawab akan kebutuhan tersebut. Ada beberapa kategori jawaban yang dapat kita tampilkan di platform Google Form.Dan salah satunya adalah adanya pilihan ganda, dan juga terdapat jawaban berupa uraian.

Untuk jawaban pilihan ganda yang artinya kita hanya dapat memilih jawaban yang sudah tersedia di platform Google Form.

Sedangkan untuk jawaban uraian kita harus mengetiknya secara mandiri.Untuk yang pernyataan pertama, biasanya terdapat sebuah opsi jawaban yang benar dan salah.Sehingga dari berbagai kalangan pengguna,kemudian banyak mucul sebuah pertanyaan.Bagaimana cara untuk mengetahui hasil jawaban di platform Google Form.

Dan pada pembahasan artikel kali ini kita akan coba membahas dengan lengkap secara step by step. Dan secara teori, kita tidak dapat mengetahui hasil jawaban yang benar yang berada pada soal di platform Google Form.

Namun terdapat satu trik dan tips yang dapat kita lakukan untuk memanipulasi bagaimana caranya untuk mengetahui hasil jawaban yang benar dan tepat.Namun pada kenyataannya dengan langkah ini terbilang cukup rumit dan butuh akan kesabaran dalam melakukannya.

Cara Mengetahi Jawaban Di Google Form dengan Mudah 

Untuk lebih jelasnya kurang lebih dengan menggunakan langkah - langkah seperti dibawah ini:

  1. Membuka link di Google Form pada browser dengan menggunakan Mode Incognito.
  2. Dan setelah itu mengisi semua soal yang terdapat di platform Google Form sesuai dengan kemampuan masing-masing.
  3. Submit semua hasil jawaban kita.
  4. Setelah semua hasil sudah terlihat, maka kita akan melihat tampilan jawaban mana yang sudah benar dan jawaban mana yang masih salah.
  5. Untuk selanjutnya kita membuka link Google Form yang sama pada browser dengan menggunakan mode normal.
  6. Mengisi semua opsi jawaban berdasarkan dari hasil yang telah tertampil pada urutan langkah yang ke-3. 

Dengan istilah lain, pada tahapan ini kita dapat mengetahui jawaban yang bernilai benar dengan cara mensubmit secara keseluruhan terlebih dahulu, lalu kemudian kita melihat bagian yang akan dikoreksi dan telah diproses oleh platform Google Form.

Namun terdapat satu hal yang perlu digarisbawahi bahwa ketentuan cara diatas hanya dapat digunakan dalam beberapa syarat dan kondisi, yaitu:

  1. Apabila dalam pembuatan soal di Google Form menampilkan hasil jawaban yang benar setelah pengisian semua soal sudah selesai, apabila keseluruhan data hasil tidak dapat ditampilkan maka solusi cara diatas tidak dapat digunakan.
  2. Untuk cara diatas hanya dapat digunakan untuk soal yang berbentuk pilihan ganda (multiple choice), bukan untuk konteks soal dengan pola jawaban yang harus diketik secara sendiri.
  3. Cara yang telah disebutkan pada artikel diatas lebih cocok dan tepat digunakan untuk platform Google Form yang tidak membutuhkan hak akses login, apabila dibutuhkan akses login maka setidaknya kita harus mempunyai lebih dari satu akun email supaya tidak terdeteksi oleh sistem pada saat kita menjawab lebih dari satu kali periode.

Untuk sekedar menjadi perhatian saja , dari kesemua langkah diatas hanya bertujuan sebagai media pembelajaran dan edukasi saja, lantas kita gunakan secara bijak dan apabila menemukan sebuah resiko sudah menjadi konsekuensi tanggung jawab masing-masing individu.


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts