Investasi Emas

Instrumen investasi emas memiliki risiko yang rendah dan dapat menahan laju kenaikan harga atau inflasi.

Tips dan Trik Investasi Emas untuk Pemula Logam mulia emas menjadi salah satu pilihan alternatif investasi yang dianggap paling aman dan terpercaya dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya.Pada fakta di lapangan investasi emas memiliki tingkat resiko kerugian yang rendah dan dapat menahan laju kenaikan harga atau inflasi.

Selain itu,keberadaan emas sendiri memiliki nilai (value) yang cenderung stabil dalam jangka waktu yang panjang. Kelebihan lain dari investasi emas yaitu memiliki likuiditas tinggi sehingga dapat dijual secara cepat.

Dikarenakan semakin menipisnya jumlah stok sumber daya alam penghasil emas yang diprediksi menjadi penyebab harga nominal emas dari tahun ke tahun semakin meningkat . Dan maka dari itu, semakin hari hasrat orang untuk menyimpan kekayaan (aset) dalam bentuk emas semakin meningkat pula. Fluktuatif akan harga emas sudah tidak terlalu berdampak signifikan pada rasa antusiasme masyarakat pada saat ini, tidak jarang malah mengalami terjadinya kelangkaan stok emas batangan di pangsa pasar.

 

Untuk kita yang memiliki dana yang belum akan digunakan dalam  jangka waktu dekat, mengambil langkah investasi emas merupakan pilihan solusi yang cocok. Akan tetapi apabila kita menginginkan adanya perputaran siklus uang yang cepat, mungkin dengan pilihan investasi emas ini kurang tepat dikarenakan investasi emasi ini merupakan bentuk investasi jangka panjang.

 

Apabila kita benar-benar berminat dan tertarik dengan jenis investasi emas ini, maka sebaiknya kita mencari informasi secara lengkap terlebih dahulu sebanyak-banyaknya tentang jenis dan cara untuk investasi emas yang paling tepat dan cocok untuk kita. Dengan mendapatkan banyak serangkaian informasi ini, maka kita dapat memperoleh benefit yang maksimal.

Dengan beberapa sisi keunggulan yang dimilikinya pada investasi ini, emas dapat menjadi salah satu pilihan alternatif investasi yang tepat dan akurat. Berikut dibawah ini beberapa tips dan trik cara berinvestasi emas untuk kalangan pemula yang dapat diterapkan secara mudah :

1. Menentukan Tujuan dan membuat Perencanaan yang Konkret

Tahapan pertama yang harus dilakukan ketika mengambil instrumen investasi ini adalah dengan menentukan tujuan yang jelas dalam berinvestasi logam mulia emas .Jangan sampai sebatas dalam skema normal yaitu dengan membeli emas,disimpan, kemudian menjualnya pada periode waktu tertentu.

Kita harus memiliki tujuan yang konkret, misalnya saja berinvestasi logam mulia emas untuk biaya pernikahan yang akan dilakukan dalam beberapa tahun ke depan, untuk biaya pendidikan buah hati dalam kurun waktu 10 tahun lagi, atau untuk biaya perjalanan naik haji, dan lain sebagainya.

Dengan memiliki tujuan yang jelas tersebut, kita dapat melakukan sebuah langkah  perencanaan dalam menentukan berapa banyak kapasitas emas yang harus dikumpulkan untuk mencapai tujuan (goals) tersebut.

2. Memperhatikan Kemampuan Kapasitas Finansial

Kegiatan berinvestasi seharusnya dimulai dengan pasokan dana yang berlebih. Apabila setiap dalam waktu sebulan sudah memiliki pemasukan neraca yang surplus, maka kelebihan anggaran dapat dialokasikan ke dalam instrumen investasi supaya dapat berkembang dan bermanfaat untuk keperluan di masa depan.

Jangan sampai terjadi kita malah mengorbankan seluruh penghasilan (income) atau bahkan melakukan pinjaman dana untuk mendapatkan keuntungan dalam berinvestasi. Kita harus memiliki sumber dana cadangan darurat yang mencukupi ketika akan melakukuan investasi. Paling tidak mempunyai tabungan akan dana darurat dengan persiapan sekitar kurang lebih 6-12 bulan waktu pengeluaran sebelum berinvestasi emas untuk menutupi biaya pengeluaran yang tidak terduga.

3. Memperhatikan Waktu dan Momentum Investasi Emas yang Tepat

Ketika kita sudah memiliki niat dan keinginan untuk berinvestasi di logam mulia emas, Kita harus rajin dalam audit dan monitoring harga emas di pangsa pasar. Dan selain itu, kita perlu untuk mempelajari bagaimana kurva kecenderungan trend pergerakan harga emas di pangsa pasar.

Hal demikian terbilang cukup penting untuk memprediksi waktu terbaik dalam membeli atau menjual logam mulia emas agar mendapatkan keuntungan yang maksimal. Waktu dan momentum yang tepat untuk membeli emas adalah ketika harganya sedang mengalami penurunan dan menjualnya kembali ketika harganya mulai merangkak naik.

Adapun hal-hal yang perlu untuk diperhatikan, sejatinya investasi emas sebaiknya disimpan dalam jangka waktu skala menengah panjang, seperti berkisar dalam jangka waktu 5 tahun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan optimal.

4. Memilih Kategori Emas yang Sesuai

Untuk kalangan pemula direkomendasikan untuk berinvestasi dalam bentuk logam mulia. Dengan investasi logam mulia emas cenderung lebih menguntungkan dan lebih cocok digunakan sebagai modal simpanan di masa depan dibandingkan dengan investasi emas dalam bentuk perhiasan.

Keunggulan dari logam mulia emas yakni memiliki harga jual (buyback) yang cenderung lebih bernilai tinggi. Berbeda sekali dengan emas perhiasan yang nominal harga jualnya cenderung lebih rendah karena dipengaruhi oleh beberapa faktor komponen biaya, seperti misalnya biaya pembuatan, kadar karat, nilai proporsi seni, model, dan unsur depresiasi (penurunan harga).

5. Memilih Metode Penyimpanan Emas yang Aman

Ketledoran dalam memilih metode penyimpanan dapat mengakibatkan nilai emas yang sudah disimpan dalam jangka waktu bertahun-tahun berisiko akan hilang dan sirna. Alangkah baiknya meotode penyimpanan emas dapat dilakukan dengan menyimpannya pada brankas di rumah kediaman ataupun dapat disimpan di safe deposit box (SDB), yaitu sebuah layanan jasa penyimpanan barang-barang berharga. Pada umumnya layanan jasa SDB disediakan oleh pihak bank.

Kita juga dapat memanfatkan layanan jasa penyimpanan Brankas dari PT Antam yang menawarkan sistem kemanan secara real time terpadu selama 24 jam ataupun tabungan emas di kantor Pegadaian yang memungkinkan seseorang menabung emas tanpa harus menyimpan benda fisik dan tanpa dikenakan jasa biaya penitipan.


0 komentar:

Post a Comment

Translate

RSS Feed

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Dark Mode

Popular Posts